Ilustrasi. FOTO: Cairo Post
Ilustrasi. FOTO: Cairo Post

Ekonomi Kawasan Asia Timur Diramal Terus Melambat hingga 2021

Ekonomi bank dunia ekonomi asia
Annisa ayu artanti • 10 Oktober 2019 14:08
Jakarta: Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang di Asia Timur dan Pasifik akan terus melambat dari tahun ke tahun. Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi kawasan 6,3 persen. Lalu, pada 2019 akan melambat menjadi 5,8 persen. Kemudian perlambatan itu akan terus berlangsung hingga 2020 dan 2021 yaitu 5,7 dan 5,6 persen.
 
Weathering Growing Risk, laporan East Asia and Pacific Economic Update edisi Oktober 2019 menyatakan perekonomian kawasan akan kembali diuji karena melemahnya permintaan global dan meningkatnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang menyebabkan penurunan ekspor dan perlambatan pertumbuhan investasi.
 
Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Tumur dan Pasifik Victoria Kwakwa mengatakan ketika pertumbuhan ekonomi melambat maka akan berimbas pada tingkat penurunan kemiskinan. Angka kemiskinan sulit diturunkan saat kondisi tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sekarang memperkirakan bahwa hampir seperempat penduduk di negara-negara berkembang Asia Timur dan Pasifik hidup di bawah garis kemiskinan kelas menengah-atas USD5,5 per hari," kata Victoria, saat telekonferens di Kantor Bank Dunia, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Selain Tiongkok, Weathering Growing Risk juga melaporkan, pertumbuhan konsumsi di negara kawasan akan tetap stabil meski sedikit rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Hal tersebut terjadi karena dukungan kebijakan moneter dan fiskal.
 
Lebih lanjut, pertumbuhan ekonomi negara-negara kecil di kawasan akan tetap kuat dan stabil karena mengedepankan sektor spesifik seperti pariwisata, real estat, dan ekstraktif. Dalam laporan itu juga menjelaskan bahwa ketegangan perdagangan telah menimbulkan ancaman jangka panjang terutama terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif