Ilustrasi (AFP PHOTO/AMER HILABI)
Ilustrasi (AFP PHOTO/AMER HILABI)

Harga Minyak Dunia Melonjak

Ekonomi minyak mentah
Angga Bratadharma • 17 April 2019 08:03
New York: Harga minyak dunia melonjak pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB), karena investor khawatir tentang jatuhnya pasokan global karena sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran dan bentrokan di Libya. Sedangkan OPEC terus berupaya menjaga stabilitas pasar minyak agar tidak kembali jatuh seperti dulu.
 
Mengutip Xinhua, Rabu, 17 April 2019, minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Mei naik USD0,65 menjadi USD64,05 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni naik USD0,54 menjadi USD71,72 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
Pasar telah mengkhawatirkan volume pasokan di Libya, karena negara itu dilanda pertikaian antara Pemerintah Libya yang didukung PBB dan tentara yang berbasis di timur dan di sekitar Ibu Kota Tripoli. Sebanyak 174 orang tewas dan 756 lainnya cedera dalam pertempuran antara kedua belah pihak sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan Selasa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Libya telah berjuang untuk melakukan transisi demokratis di tengah ketidakamanan dan kekacauan sejak jatuhnya rezim mantan pemimpin Muammar Gaddafi pada 2011. Karena sanksi AS, ekspor minyak mentah Iran telah jatuh pada April ke level terendah harian mereka tahun ini.
 
Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 67,89 poin atau 0,26 persen menjadi 26.452,66. Sedangkan S&P 500 meningkat sebanyak 1,48 poin atau 0,05 persen menjadi 2.907,06. Indeks Komposit Nasdaq menguat 24,21 poin atau 0,30 persen menjadi 8.000,23.
 
Saham Johnson & Johnson naik 1,1 persen pada penutupan, berkontribusi pada Dow Jones. Perusahaan melaporkan hasil kuartal pertama Selasa pagi dengan laba disesuaikan USD2,10 per saham, di atas USD2,03 per saham yang diharapkan oleh analis yang disurvei oleh Refinitiv.
 
UnitedHealth Group juga melaporkan pada Selasa dengan estimasi pendapatan. Sementara itu, perusahaan perawatan kesehatan AS meningkatkan panduan pendapatannya selama setahun penuh. Saham melonjak sebanyak 3,5 persen di sesi pagi, tetapi ditutup pada 4,01 persen lebih rendah.
 
Saham Qualcomm melonjak lebih dari 23 persen setelah laporan mengatakan bahwa pembuat cip AS telah mencapai kesepakatan dengan raksasa teknologi Apple untuk memberhentikan semua litigasi antara kedua perusahaan di seluruh dunia.
 
Asosiasi Nasional Pembangun Rumah (NAHB) mengatakan Indeks Pasar Perumahan naik satu poin menjadi 63 pada April atau naik satu poin dari Maret. Kondisi tersebut menunjukkan optimisme pembangun yang lebih tinggi untuk pasar perumahan AS.
 
Indeks ini didasarkan pada survei bulanan anggota NAHB yang dirancang untuk memanfaatkan pasar perumahan keluarga tunggal. Setiap pembacaan lebih dari 50 merupakan sinyal meningkatnya ekspansi. Tentu diharapkan kondisi ini bisa terus membaik di masa-masa yang akan datang.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif