Singapura. Dok: AFP.
Singapura. Dok: AFP.

Singapura Masih jadi Negara Penanam Investasi Terbesar ke Indonesia

Ekonomi investasi asing singapura
Dian Ihsan Siregar • 30 Oktober 2017 19:16
medcom.id, Jakarta: Negara Singapura masih menjadi penanam modal terbesar ke Indonesia sebesar Rp6,1 miliar sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini. Lalu, penyumbang terbesar datang dari Jepang sebesar USD4 miliar, Tiongkok sebesar USD2,7 miliar, Amerika Serikat sebesar USD1,5 miliar, dan Korea Selatan sebesar USD1,4 miliar.
 
Sepanjang kuartal IIII, Singapura juga masih di posisi pertama, dengan menyumbang investasi sebesar USD2,5 miliar, Jepang sebesar USD1,1 miliar, Tiongkok sebesar USd800 juta, Amerika Serikat sebesar USD600 juta, dan Korea Selatan sebesar USD400 juta.
 
"Singapura, Jepang, Tiongkok, Amerika, dan Korea Selatan tetap," ujar Deputi Bidang Pengendalian Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis ditemui di kantor pusat BKPM, Jakarta, Senin 30 Oktober 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lima wilayah terbesar realisasi investasi asing, kata Azhar, yakni Jawa Barat dengan nilai USD4 miliar, DKI Jakarta sebesar USD3,2 miliar, Banten sebesar USD2,3 miliar, Jawa Tengah sebesar USD1,5 miliar, dan Papua sebesar USD1,4 miliar.
 
Sedangkan realisasi investasi penanaman modal asing berdasarkan sektor usaha, Azhar menyebutkan, terdiri dari sektor pertambangan USD3,2 miliar, industri logam, mesin, dan elektronik USD3,1 miliar, listrik gas dan air minum USD2,7 miliar.
 
"Kemudian ada industri kimia dan farmasi USD2,2 miliar, dan perumahan kawasan industri dan perkantoran USD2 miliar," terang Azhar.
 
Adapun tiga bulan terakhir, lanjut dia, investasi di sektor industri logam dasar, barang logam, mesin, dan elektronik sebesar USD1,2 miliar, pertambangan USD1 miliar, listrik air dan gas USD1 miliar.
 
"Ada juga disumbang dari industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi USD900 juta, dan perumahan kawasan industri dan perkantoran USD900 juta," pungkas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif