PDB Global Diperkirakan Tumbuh 3,2% di 2018
Ilustrasi (FOTO: RBS)
New York: Conference Board memperkirakan perekonomian global akan meneruskan momentum pertumbuhannya saat ini dan menghasilkan angka 3,2 persen di 2018. Adapun prediksi dimaksud lebih rendah dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya di Februari yang mencapai 3,3 persen.

Conference Board dalam Global Economic Outlook 2018 menjelaskan penurunan moderat dalam momentum pertumbuhan global terutama didorong oleh siklus bisnis di zona euro dan prospek pertumbuhan yang sedikit lebih lemah di pasar negara berkembang.

"Adapun kondisi itu didorong oleh apresiasi dolar Amerika Serikat (USD) dan naiknya suku bunga, serta kondisi ekonomi yang lebih menantang di Brasil, Rusia, dan Turki," kata laporan itu, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, 13 Juni 2018.

Momentum dalam ekonomi dinilai cukup baik di tahun lalu dan diyakini akan terus tumbuh pada kecepatan yang sama hingga akhir 2018. Meski demikian, tetap perlu ada upaya bersama guna menekan sejumlah risiko yang bisa datang kapan saja dan di mana saja.



Amerika Serikat diperkirakan tumbuh 3,0 persen pada 2018 atau naik dari pencapaian 2,4 persen pada 2017. Zona euro diperkirakan melambat menjadi 2,0 persen pada 2018 dibandingkan dengan tahun lalu. Kemudian Inggris diproyeksikan tumbuh di bawah potensinya pada 0,9 persen di 2018 atau turun dibandingkan dengan pencapaian 1,8 persen pada tahun lalu.

"Sementara Jepang diproyeksikan tumbuh 1,0 persen atau turun dari 1,7 persen di tahun sebelumnya," ungkap Conference Board.

Di sisi lain, pasar negara berkembang diproyeksikan tumbuh 3,9 persen secara rata-rata pada 2018 atau sedikit turun dibandingkan dengan tahun lalu. Tingkat kepercayaan bisnis dan konsumen tetap sangat kuat yang menunjukkan ada risiko resesi rendah dalam jangka pendek.

"Perekonomian dalam kondisi baik secara global. Indikator ekonomi menunjuk ke arah yang benar. Pertumbuhan ini dapat dipertahankan setidaknya selama setengah tahun lagi," kata Kepala Ekonom Conference Board Bart van Ark.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id