Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Virus Korona Pengaruhi Ekonomi Global, Emas Terus Menguat

Ekonomi harga emas ekonomi dunia
Antara • 21 Februari 2020 07:34
Chicago: Harga emas naik ke tingkat tertinggi dalam tujuh tahun pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat WIB). Penguatan dapat terjadi karena kenaikan jumlah kasus virus korona di Korea Selatan memicu kekhawatiran atas dampak ekonomi yang lebih luas dari wabah tersebut.
 
Mengutip Antara, Jumat, 21 Februari 2020, emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik ke level tertinggi sejak Februari 2013, karena logam kuning didukung oleh pembelian teknis investor. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April menambahkan USD8,7 atau 0,54 persen, menjadi USD1.620,50 per ons.
 
Emas berjangka berakhir lebih tinggi untuk sesi keenam berturut-turut karena para pedagang beralih ke pembelian teknis ketika lingkungan suku bunga ramah memberikan landasan yang lebih tinggi untuk logam mulia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara di pasar spot, emas naik 0,44 persen menjadi diperdagangkan di USD1.618,38 per ons pada pukul 13.41 waktu setempat (18.41 GMT), setelah mencapai level tertinggi sejak Februari 2013 di posisi USD1.623,45.
 
"Sekarang setelah emas telah melampaui level USD1.600, lebih banyak investor dan pedagang mengambil posisi sekarang. Virus korona jelas merupakan faktor tetapi kami memiliki banyak alasan lain seperti bank sentral mempertahankan suku bunga negatif, masalah-masalah terkait tarif dengan Tiongkok dan Eropa," kata Kepala Pedagang Global Investors AS Michael Matousek.
 
Epidemi telah mengganggu pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan penyebaran lebih lanjut ke negara-negara lain dapat menggagalkan pemulihan yang diproyeksikan sangat rapuh dalam ekonomi global pada 2020, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan.
 
Bahkan ketika jumlah kasus virus korona baru di Tiongkok melambat, penelitian baru menunjukkan bahwa virus itu lebih menular daripada yang diperkirakan sebelumnya menambahkan tanda bahaya.
 
Daegu, sebuah kota dengan 2,5 juta orang di Korea Selatan, telah menjadi korban terbaru virus korona di luar Tiongkok. Korea Selatan sekarang memiliki 104 kasus yang dikonfirmasi dari virus seperti flu, dan melaporkan kematian pertamanya.
 
Di tempat lain, paladium turun 0,7 persen pada USD2.694,08 per ons, setelah menyentuh rekor tertinggi di USD2.841,54 di sesi sebelumnya karena kekhawatiran defisit pasokan. Perak turun 0,3 persen menjadi USD18,34, sedangkan platinum tergelincir tiga persen menjadi USD975,36.
 
Di pasar berjangka, perak untuk pengiriman Maret naik 0,8 sen atau 0,04 persen, menjadi ditutup pada USD18,319 per ons. Sedangkan platinum untuk penyerahan April anjlok sebanyak USD25,5 atau 2,54 persen menjadi menetap pada USD979 per ons.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif