Harga Minyak Dunia Melemah Akibat Meningkatnya Persediaan Bahan Bakar

Angga Bratadharma 07 Desember 2017 08:04 WIB
minyak mentahopec
Harga Minyak Dunia Melemah Akibat Meningkatnya Persediaan Bahan Bakar
Ilustrasi (AFP PHOTO/SCOTT HEPPELL)
New York: Harga minyak dunia turun lebih dari dua persen pada Rabu waktu stempat (Kamis WIB) di tengah reli tajam di inventori bahan bakar olahan Amerika Serikat. Adapun OPEC dan negara bukan anggota OPEC terus berusaha hingga sekarang ini agar harga minyak dunia bisa berada di level yang tinggi lagi.

Mengutip Xinhua, Kamis, 7 Desember 2017, persediaan minyak mentah turun 5,6 juta barel pada 1 Desember pekan menjadi 448,1 juta, atau 7,8 persen di bawah level setahun yang lalu, kata Administrasi Informasi Energi (EIA) dalam laporan mingguannya.

Namun laporan tersebut menunjukkan bahwa persediaan produk meningkat, dengan bensin naik 6,8 juta barel menjadi 220,9 juta, 3,8 persen di bawah tingkat tahun lalu, dan menyuling 1,7 juta barel menjadi 129,4 juta, turun 17,4 persen pada tahun-ke tahun.


Sementara itu, analis mengatakan investor cenderung mengambil keuntungan setelah harga minyak membukukan kenaikan yang solid di sesi sebelumnya. Goldman Sachs Group memperkirakan awal pekan ini bahwa harga minyak akan mempertahankan kekuatan mereka, setidaknya sampai 2018.

Bank investasi menaikkan perkiraan untuk 2018 Brent dan WTI menjadi USD62 dan USD57,5 AS per barel, karena OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) dan sekutunya menunjukkan komitmen yang lebih kuat daripada yang diperkirakan akan memperluas hambatan produksi mereka.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari turun USD1,66 untuk menetap di USD55,96 per barel di New York Mercantile Exchange, sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari turun USD1,64 menjadi ditutup pada USD61,22 per barel di London ICE Futures Exchange.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360