Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

1 Juni, Tiongkok Siap Balas Kenakan Tarif ke AS

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Ade Hapsari Lestarini • 14 Mei 2019 17:06
Beijing: Tiongkok mengumumkan mereka akan menaikkan tarif tambahan yang akan dikenakan pada beberapa produk milik Amerika Serikat (AS) yang diimpor mulai 1 Juni.
 
Tiongkok sebelumnya telah memberlakukan tarif tambahan untuk impor AS senilai USD60 miliar. Adapun tarif tambahan pada beberapa produk sekarang akan dinaikkan menjadi 25 persen, 20 persen, dan 10 persen, menurut pernyataan Komisi Bea Cukai Dewan Negara.
 
Melansir Xinhua, Selasa, 14 Mei 2019, keputusan itu muncul setelah AS bergerak untuk menaikkan tarif barang-barang Tiongkok senilai USD200 miliar dari 10 persen menjadi 25 persen pada 10 Mei.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tindakan yang diambil AS ini telah meningkatkan friksi perdagangan dan melanggar konsensus yang dicapai oleh kedua belah pihak untuk mengatasi perselisihan perdagangan melalui konsultasi, kata pernyataan itu.
 
Menurut dia langkah AS ini telah merusak kepentingan kedua belah pihak dan tidak memenuhi harapan universal masyarakat internasional.
 
Untuk mempertahankan mekanisme perdagangan multilateral dan melindungi hak dan kepentingannya sendiri, Tiongkok harus menyesuaikan tarif tambahannya pada beberapa barang yang diimpor dari Amerika Serikat sebagai tanggapan atas tindakan unilateralisme dan proteksi perdagangan AS, kata pernyataan itu.
 
Tiongkok berharap bahwa AS akan kembali ke jalur yang benar dari konsultasi ekonomi dan perdagangan bilateral, melakukan upaya bersama dengan Tiongkok untuk bertemu di tengah jalan dan berusaha untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan berdasarkan saling menghormati.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif