Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) bersama dengan anggota delegasi masing-masing (Saul Loeb/AFP)
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) bersama dengan anggota delegasi masing-masing (Saul Loeb/AFP)

Presiden Tiongkok Siap Bekerja Sama dengan Trump

Ekonomi ekonomi amerika ekonomi china tiongkok as-tiongkok Perang dagang
Angga Bratadharma • 02 Januari 2019 08:01
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dalam pesan ucapan selamat yang menandai 40 tahun sejak pembentukan hubungan diplomatik bahwa sejarah menunjukkan kerja sama adalah pilihan terbaik bagi Tiongkok dan Amerika Serikat.
 
Kedua negara sepakat pada bulan lalu melakukan gencatan senjata selama 90 hari dalam perang perdagangan pahit untuk memberi mereka waktu mengadakan pembicaraan baru. Hal itu guna mencoba dan mengakhiri perselisihan yang telah menyebabkan mereka menaikkan tarif yang semakin parah pada barang masing-masing.
 
Dalam pesannya kepada Trump, Xi mengatakan, hubungan Tiongkok-AS telah mengalami pasang surut tetapi telah membuat kemajuan bersejarah selama empat dekade terakhir. Xi menambahkan ini telah membawa manfaat besar bagi kedua bangsa dan telah memberikan kontribusi besar bagi perdamaian dunia, stabilitas dan kemakmuran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejarah telah membuktikan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak," kata Xi, seperti dikutip dari CNBC, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Ia menegaskan hubungan Tiongkok-AS sedang dalam tahap penting sekarang ini. Xi mengklaim pihaknya sangat mementingkan perkembangan hubungan Tiongkok-AS dan bersedia bekerja sama dengan Presiden Trump untuk merangkum pengalaman pengembangan hubungan antara kedua negara.
 
"Dan mengimplementasikan konsensus yang telah kami capai dalam upaya bersama untuk memajukan hubungan Tiongkok-AS, menampilkan koordinasi, kerja sama, dan stabilitas sehingga dapat memberi manfaat yang lebih baik bagi kedua bangsa serta orang-orang dari seluruh dunia," kata Xi.
 
Sedangkan Trump mengirim pesan ucapan selamatnya sebagai balasan dengan mengatakan kerja sama AS-Tiongkok adalah prioritasnya termasuk mempromosikan hubungan AS dan Tiongkok yang kooperatif. Xi dan Trump juga berbicara melalui telepon selama akhir pekan.
 
Trump mengaku ia memiliki panggilan yang panjang dan sangat baik dengan Xi dan bahwa kemungkinan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok mengalami kemajuan dengan baik. Tiongkok dan Amerika Serikat telah membuat rencana untuk konsultasi tatap muka mengenai perdagangan pada Januari, kata Kementerian Perdagangan Tiongkok pekan lalu.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif