Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

Atasi Dampak Korona

Bank Sentral Tiongkok Turunkan Suku Bunga Repo 10 Poin

Ekonomi virus korona tiongkok
Arif Wicaksono • 03 Februari 2020 14:04
Shanghai: Bank sentral Tiongkok menurunkan suku bunga repo sebesar 10 basis poin pada hari ini. Penurunan suku bunga karena pihak berwenang berusaha mengurangi tekanan ekonomi dari wabah virus yang menyebar dengan cepat. Penurunan suku bunga repo bisa mendorong perbankan mengalihkan dana ke instruman pasar keuangan lain seperti saham.
 
Dikutip dari Chanelnewsasia.com, Senin, 3 Februari 2020, Bank Rakyat China (PBOC) menjelaskan telah menurunkan suku bunga repo tujuh hari menjadi 2,4 persen dari 2,5 persen, dan memotong suku bunga repo dengan tenor 14 hari menjadi 2,55 persen dari 2,65 persen sebelumnya.
 
Pemotongan itu terjadi ketika pasar keuangan Tiongkok anjlok setelah liburan Tahun Baru Tiongkok yang panjang. Kondisi virus korona membuat semakin banyak jumlah korban tewas akibat virus dan jumlah infeksi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saham-saham di Tiongkok dibuka turun tajam pada pembukaan perdagangan Senin pagi. Indikator utama Indeks Komposit Shanghai anjlok 8,73 persen atau setara 241 poin menjadi 2.716,70 poin. Sementara indeks komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua Tiongkok dibuka terjun 9,13 persen atau setara 883 poin menjadi 9.706,58 poin.
 
Pada hari Senin, PBOC juga menyuntikkan total 1,2 triliun yuan atau USD 173,81 miliar ke pasar uang melalui perjanjian pembelian kembali obligasi. Pelaku pasar telah secara luas memperkirakan pergerakan likuiditas tetapi kebanyakan analis berpikir penurunan suku bunga akan mengikuti setelah adanya kejelasan terhadap perekonomian negara tirai bambu itu.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif