Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

Melancong ke Tiongkok Tak Perlu Repot Bawa Uang Tunai

Ekonomi tiongkok
Nia Deviyana • 07 November 2019 20:11
Jakarta: Para turis yang sering bepergian ke Tiongkok pastinya sudah paham dengan sulitnya sistem pembayaran di negara tersebut. We Chat dan Alipay, dua dompet digital paling populer di Tiongkok hanya bisa digunakan jika turis memiliki rekening di Bank Tiongkok.
 
Keadaan semakin sulit karena tidak banyak tempat menerima kartu asing seperti Visa atau Mastercard, dan wisatawan tidak punya pilihan lain selain menggunakan uang tunai. Namun, kendala tersebut akan segera berakhir.
 
Ant Financial mengumumkan Alipay segera mendukung pembayaran kartu debit atau kredit internasional. Nantinya, Alipay bisa menerima kartu Visa, Mastercard, JCB Jepang, dan Diners Club Singapura. Pengguna juga dapat menambahkan uang dan menggunakan Alipay dengan mudah tanpa harus memiliki rekening bank Tiongkok. Setelah mengunduh Alipay di Android atau iOS, pengguna tinggal mendaftar menggunakan nomor ponsel asing mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya Ant Financial, raksasa teknologi Tiongkok, Tencent yang mengoperasikan WeChat Pay juga memberlakukan hal yang sama. Tencent akan memberikan dukungan untuk kartu Visa, Mastercard, JCB Jepang, Diners Club Singapura, serta American Express di WeChat Pay.
 
"Kemitraan ini membuktikan bahwa kami bisa melayani pemegang kartu Visa di manapun, termasuk di Tiongkok, alih-alih harus mengandalkan uang tunai," ujar pihak Visa seperti dilansir dari CNBC Internasional, Kamis, 7 November 2019.
 
Jutaan pengunjung pergi ke Tiongkok setiap tahun. Pada 2018, sebanyak 141 juta turis melancong ke Negeri Tirai Bambu itu, naik 1,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
 
"Ini adalah pertama kalinya WeChat Pay dan Alipay tersedia untuk pengguna internasional." ujar Visa.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif