IMF: Proteksionisme Berdampak Negatif ke Ekonomi Dunia
Managing Director (Ketua) IMF Christine Lagarde. (FOTO: AFP)
Buenos Aires: Managing Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde kembali menegaskan bahwa risiko kebijakan perdagangan proteksionisme akan memiliki dampak negatif pada ekonomi dunia.

Selama konferensi pers di ibu kota Argentina, Lagarde mencatat perkiraan Produk Domestik Bruto (PDB) global baru-baru ini di tengah penerapan tarif besar oleh Pemerintah AS yang dikenakan pada berbagai impor asing.

Melansir Xinhua, Senin, 23 Juli 2018, Lagarde mengatakan bahwa IMF telah menganalisis konsekuensi hipotetis pembatasan perdagangan karena tarif dan mengatakan bahwa semuanya menunjukkan GDP global akan terpengaruh secara negatif.

Lagarde melaporkan bahwa lembaga itu bekerja dengan pihak yang berkepentingan pada sebuah studi untuk menganalisis dampak dari langkah-langkah tarif.

IMF baru-baru ini memperkirakan bahwa pertumbuhan PDB global akan dipotong sebesar 0,5 persen pada 2020 jika semua tarif yang terancam diterapkan.

Lagarde mengatakan bahwa ekonomi AS juga akan menderita, menggambarkannya sebagai "rentan".

Dia berada di Buenos Aires untuk berpartisipasi dalam Pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Ketiga G20.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id