Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

Bursa Saham Tiongkok Melambung

Ekonomi tiongkok
Antara • 16 Desember 2019 16:27
Beijing: Bursa saham Tiongkok ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin,16 Desember 2019 memperpanjang keuntungan akhir pekan lalu dengan indikator utama Indeks Komposit Shanghai naik 0,56 persen menjadi 2.984,39 poin.
 
Kenaikan ini setelah AS dan Tiongkok menyetujui kesepakatan perang dagang tahap I setelah sekian lama bersitegang dalam perang tarif. Kenaikan ini membuat bea masuk impor barang Tiongkok ke AS menjadi lebih kecil.
 
Indeks komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua Tiongkok terangkat 1,54 persen, menjadi mengakhiri perdagangan pada 10.158,24 poin. Sementara itu Indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq Tiongkok, bertambah 1,42 persen menjadi ditutup pada 1.780,33 poin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indeks ChiNext, bersama dengan Indeks Komponen Shenzhen dan Indeks SME (perusahaan kecil dan menengah) Shenzhen, mencerminkan kinerja saham yang tercatat di Bursa Efek Shenzhen.
 
Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) telah menyetujui teks perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati. Langkah positif ini diharapkan memicu kedua belah pihak terus menjalin kerja sama guna menyepakati perjanjian perdagangan secara keseluruhan.
 
Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Tiongkok teks ini mencakup sembilan bab yakni kata pengantar, hak kekayaan intelektual, transfer teknologi, makanan dan produk pertanian, layanan keuangan, nilai tukar dan transparansi, ekspansi perdagangan, penilaian bilateral, penyelesaian sengketa, dan ketentuan akhir.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 14 Desember 2019, kedua belah pihak telah mencapai konsensus bahwa pihak AS akan memenuhi komitmennya untuk menghapuskan tarif tambahan atas produk-produk Tiongkok. Kondisi ini tentu membuat AS memilih untuk memangkas tarif tambahan dibandingkan dengan menaikkannya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif