Ilustrasi Bank Dunia. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Ilustrasi Bank Dunia. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Bank Dunia Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Global

Ekonomi bank dunia ekonomi dunia
Ade Hapsari Lestarini • 05 Juni 2019 10:06
Washington: Bank Dunia memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,6 persen pada 2019 dan naik tipis menjadi 2,7 persen pada 2020.
 
Demikian pemaparan Prospek Ekonomi Global yang dikeluarkan Bank Dunia, dikutip dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu, 5 Juni 2019.
 
Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) global pada 2019 ini lebih lemah dari perkiraan, yakni sebesar 0,3 persen di bawah perkiraan sebelumnya pada Januari.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketidakpastian kebijakan yang meningkat, termasuk eskalasi ketegangan perdagangan baru-baru ini antara dua negara besar, disertai dengan perlambatan dalam investasi global dan penurunan kepercayaan," kata laporan itu.
 
Presiden Bank Dunia David Malpass dalam telekonferensinya kepada wartawan mengatakan prospek ekonomi global, baik dalam waktu dekat dan jangka panjang, akan menghadapi tantangan yang substansial.
 
Dia mencatat bahwa risiko penurunan pertumbuhan, termasuk peningkatan hambatan perdagangan, penumpukan pemerintahan utang, semakin memperdalam perlambatan di ekonomi utama.
 
Selain itu laporan tersebut menyebutkan pertumbuhan perdagangan global pada 2019, khususnya, juga direvisi turun ke titik persentase penuh, menjadi 2,6 persen. Ini merupakan yang terlemah sejak krisis keuangan global.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif