Illustrasi. Dok: AFP.
Illustrasi. Dok: AFP.

UU Investasi Asing Tiongkok Untungkan Investor

Ekonomi tiongkok
17 Maret 2019 17:18
Beijing: Undang-undang investasi asing Tiongkok yang baru disahkan akan menguntungkan investor dan perusahaan asing, serta akan membantu meningkatkan iklim bisnis di negara-negara Asia. Badan legislatif Tiongkok telah mengeluarkan undang-undang investasi asing pada pertemuan penutupan sesi tahunannya. Undang-undang ini akan berlaku efektif pada 1 Januari 2020.
 
"Beijing akan memperkenalkan serangkaian peraturan dan dokumen sesuai dengan undang-undang investasi asing untuk melindungi dengan lebih baik hak dan kepentingan investor asing," kata Perdana Menteri China Li Keqiang pada konferensi pers dikutip dari Xinhua, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Mario Ohoven Presiden Asosiasi Jerman untuk Usaha Kecil dan Menengah menjelaskan Undang-undang baru ini jelas menjadi pertanda baik bagi investor asing, terutama dalam hal akses pasar dan perlakuan yang sama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Undang-undang itu akan membantu menciptakan kondisi yang jauh lebih baik bagi investor asing dan membantu mereka merencanakan pengembalian investasi jangka panjang di China." kata Ohoven kepada Xinhua.
 
Demikian pula, Sudheendra Kulkarni, seorang pakar India tentang Tiongkok, mengatakan undang-undang itu harus disambut oleh semua orang karena menunjukkan komitmen Beijing untuk melanjutkan kebijakan reformasi dan membuka diri dengan semangat yang lebih besar.
 
"Pada saat sentimen proteksionisme meningkat, undang-undang baru Cina akan meyakinkan investor asing, menumbuhkan persaingan yang adil dan menciptakan lingkungan bisnis yang transparan bagi perusahaan asing," kata Kulkarni, mantan ketua Observer Research Foundation Mumbai, sebuah think tank India.
 
Hans Hendrischke, profesor bisnis dan manajemen Tiongkok di University of Sydney Business School mengatakan pendekatan pemerintah Tiongkok menunjukkan bahwa mereka telah mendengarkan keprihatinan yang diangkat oleh perwakilan sektor bisnis, dan bersedia untuk memperkenalkan perubahan peraturan untuk meningkatkan lingkungan bisnis negara.
 
"Ini adalah undang-undang yang sangat penting yang telah lama dinantikan orang karena akan mengubah lingkungan kerja bagi investor asing di Cina - dan kemungkinan besar akan berdampak pada cara di mana investor Cina dapat bekerja di luar negeri , "Kata Hendrischke."
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi