Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Para CEO Turunkan Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi AS

Ekonomi ekonomi amerika
Angga Bratadharma • 14 Desember 2019 18:02
Washington: Menurut survei Business Roundtable's CEO Economic Outlook Index terungkap kepala eksekutif perusahaan terbesar Amerika Serikat (AS) telah menurunkan perkiraan ekonomi AS untuk kuartal ketujuh berturut-turut. Sebagian itu terjadi karena ketidakpastian kebijakan perdagangan AS.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 14 Desember 2019, CEO Economic Outlook Index Economic Roundtable, indeks gabungan rencana CEO untuk enam bulan ke depan terkait penjualan, belanja modal, dan lapangan kerja, turun sebanyak 2,5 poin menjadi 76,7 pada kuartal keempat tahun ini, atau tetap di bawah rata-rata indeks historis 82,7.
 
Menurut Business Roundtable penurunan 2,5 poin menandai penurunan kuartalan ketujuh berturut-turut dan menunjukkan bahwa CEO berencana merekrut lebih sedikit orang dan berinvestasi lebih sedikit selama enam bulan ke depan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para CEO tetap berhati-hati dalam menghadapi ketidakpastian atas kebijakan perdagangan dan perlambatan terkait pertumbuhan global, serta sektor manufaktur AS yang saat ini berkontraksi, survei menunjukkan.
 
"Meskipun kami telah mencapai lingkungan pajak yang kompetitif, ketidakpastian seputar kebijakan perdagangan dan perlambatan pertumbuhan global menciptakan hambatan bagi bisnis," ungkap Presiden dan CEO Business Roundtable Joshua Bolten, dalam sebuah pernyataan.
 
"Hampir 39 juta pekerjaan AS tergantung pada perdagangan internasional. Karena pertumbuhan dalam pekerjaan yang bergantung pada perdagangan jauh melampaui pertumbuhan pekerjaan secara keseluruhan, kami mendesak anggota parlemen terlibat dalam negosiasi perjanjian perdagangan yang lebih banyak," kata Presiden dan CEO Union Pacific Lance Fritz.
 
"Dan memberlakukan kebijakan perdagangan yang menjaga dan memperkuat pilar penting ekonomi Amerika," tambah Lance Fritz.
 
CEO Economic Outlook Survey, yang dilakukan setiap tiga bulan sejak kuartal IV-2002, memberikan pandangan ke depan tentang ekonomi AS. Survei triwulanan terbaru dilakukan antara 14 November dan 3 Desember dengan 140 CEO. Business Roundtable mewakili perusahaan besar AS dengan lebih dari 15 juta karyawan dan lebih dari USD7 triliun dalam pendapatan tahunan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif