NEWSTICKER
Warren Buffet. Foto : AFP.
Warren Buffet. Foto : AFP.

Kisah Warren Buffett Merintis Karier Jadi CEO 'Tersakti' di Wall Street

Ekonomi wall street
Nia Deviyana • 23 Februari 2020 20:47
Washington: Pada Februari 2020, Warren Buffett menjadi CEO di perusahaan terbuka dengan masa kerja paling lama dari sebuah perusahaan S&P 500. Dengan kekayaan bersih USD90 miliar, Buffett menjadi salah satu orang terkaya di dunia.
 
Buffett memperoleh gelar tersebut setelah Les Wexner, CEO L Brands yang merupakan induk Victoria's Secret mengundurkan diri. Wexner telah menjabat posisi itu selama 57 tahun.
 
Buffett menjadi pemimpin perusahaan investasi hebat, Berkshire Hathaway, selama 50 tahun. Dia mengumpulkan pundi-pundi uang dengan memulai usaha bisnis di masa remajanya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir Business Insider, Minggu, 23 Februari 2020, Buffett yang dijuluki Oracle of Omaha ini lahir dari pasangan Howard dan Leila Buffett. Ayahnya adalah pialang saham sekaligus anggota Kongres AS dari Partai Republik.
 
Buffett kecil sudah tertarik pada dunia investasi. Alih-alih bermain stickball di jalan seperti sebagian besar kawan seusianya, Buffett yang berusia 10 tahun telah mengenal Wall Street.
 
Selama kunjungan ke Kota New York, Buffett dan ayahnya bergabung dengan At Mol, pria berkebangsaan Belanda yang merupakan anggota Bursa Efek New York, untuk makan siang.
 
"Setelah makan siang, seorang lelaki datang membawa nampan berisi berbagai jenis daun tembakau. Dia membuat cerutu untuk Mr. Mol, yang telah mengambil daun yang diinginkannya. Saya pikir, ini dia! Tidak ada yang lebih baik dari ini. Cerutu yang dibuat khusus," kenang Buffett.
 
Sejak saat itulah Buffett bertekad mendedikasikan hidupnya untuk menghasilkan uang. Buffett membeli saham pertamanya pada usia 11 tahun.
 
Dia membeli tiga saham Cities Services Preferred dengan harga USD38 per saham. Buffett muda mempertahankan saham tersebut meskipun terjadi penurunan harga dengan cepat, menjadi USD27 per saham, dan segera menjualnya setelah harganya USD40.
 
Keuntungan yang didapat Buffett sebetulnya bisa menjadi luar biasa apabila dia mau menunggu sedikit lebih lama karena saham Cities Services Preferred akhirnya melonjak hingga hampir USD200 per saham.
 
Pengalaman itu memberikan pelajaran keuangan yang penting baginya. Buy and Hold, menjadi acuan para investor hingga hari ini.
 
Buffett di masa sekolah menengah menjalankan bisnis pinball yang menguntungkan bersama seorang temannya, Don Danley. Dia menawarkan skema bisnis pada Danley setelah membeli mesin pinball bekas seharga USD25.
 
"Saya membeli mesin pinball tua ini dengan harga USD25, dan (bilang ke Danley) kita bisa memiliki kemitraan. Bagianmu adalah memperbaikinya," tutur Buffett kala itu.
 
"Dan lihat, kami akan memberi tahu Frank Erico, seorang tukang cukur. (Skemanya), kita letakkan mesin ini di belakang, dan pelanggan Anda dapat bermain sambil menunggu. Nanti kami akan membagi uangnya." jelas dia.
 
Kesepakatan pun terjadi antara duo Buffett-Danley dan Erico. Mesin pinball bekas itu berhasil menghasilkan USD4 pada hari pertama dioperasikan.
 
Kesuksesan itu tidak membuat Buffett dan Danley berpuas diri. Alih-alih membelanjakan keuntungannya, mereka memilih menginvestasikan kembali untuk membeli lebih banyak mesin.
 
Dalam beberapa bulan, Buffett berhasil menjadi juragan pinball dengan beberapa mesin yang beroperasi di beberapa barbershop di kotanya meski akhirnya dia menjual bisnisnya senilai lebih dari USD1.000 setelah satu tahun.
 
Selain bisnis pinball, Buffett remaja melakukan sejumlah pekerjaan seperti mengantarkan koran, menjual permen karet dan soda, serta mencuci mobil.
 
Buffett muda telah mengumpulkan banyak uang, sampai-sampai berpikir tawaran dari kampus bergengsi Wharton School of Business di University of Pennsylvania sebagai hal yang tidak penting. Namun, dia akhirnya menyerah pada keinginan ayahnya dan menerima tawaran tersebut, dan pindah ke University of Nebraska untuk menyelesaikan studinya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif