Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Harga Minyak Menanjak

Ekonomi minyak mentah
29 Desember 2018 09:01
New York: Harga minyak dunia menguat pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB) setelah seminggu perdagangan yang berfluktuasi, tetapi masih berada di level bawah dalam lebih dari setahun. Sejauh ini, negara anggota OPEC dan bukan anggota terus berupaya menjaga stabilitas pasar minyak.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 29 Desember 2018, minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari naik USD0,72 menjadi di USD45,33 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari naik USD0,04 menjadi ditutup pada USD52,20 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
Tanpa perubahan fundamental, volatilitas harga minyak mentah dalam seminggu terakhir kemungkinan dipicu oleh pasar saham AS yang telah naik dan turun secara liar selama lebih dari seminggu. Kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi global telah mengurangi sentimen investor di kelas aset yang lebih berisiko dan menekan harga minyak mentah berjangka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pasar minyak global masih bergulat dengan meningkatnya stok, meskipun kesepakatan pengurangan produksi 1,2 juta barel setiap hari antara OPEC dan sekutunya, yang mulai berlaku sejak Januari tahun depan.
 
Efek potensial dari pengurangan produksi sebagian diimbangi oleh perkiraan yang mengkhawatirkan bahwa produksi tujuh cekungan serpih utama AS diperkirakan mencapai 8,166 juta barel per hari (bpd) pada Januari 2019, dengan peningkatan terbesar 134 ribu bpd sejak September.
 
Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average turun 76,42 poin atau 0,33 persen menjadi 23.062,40. Sedangkan S&P 500 turun 3,09 poin atau 0,12 persen menjadi 2.485,74. Indeks Komposit Nasdaq naik 5,03 poin atau 0,08 persen menjadi 6.584,52.
 
Tujuh dari 11 sektor S&P 500 utama ditutup lebih rendah, karena kerugian di sektor energi dan bahan melebihi kenaikan dalam kebijakan konsumen dan real estat. Pasar mengalami satu lagi hari perdagangan yang liar pada Jumat dengan ketiga indeks utama terus berbalik antara keuntungan dan kerugian sepanjang hari.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi