Program Penangguhan Pajak Berakhir, Harga CPO Melonjak
Ilustrasi. (Foto: Antara/Wahyu Putro).
Jakarta: Harga crude palm oil (CPO) pada perdagangan akhir pekan kemarin ditutup harga 2.382 ringgit Malaysia.

CPO Malaysia berada pada level terendah dalam kurun waktu dua pekan sebelumnya, dipengaruhi oleh ekspor yang menurun mengacu pada data pengiriman yang diumumkan oleh perusahaan inspeksi independen AmSpec Agri Malaysia serta surveyor kargo Societe Generale de Surveillance (SGS).

"Harga CPO di bursa berpotensi bergerak cukup lesu pada awal pekan ini karena pada Selasa, 1 Mei besok transaksi tidak akan dibuka seiring tutupnya bursa pada hari tersebut diperingati sebagai Hari Buruh," ujar analis Monex Investindo Futures Arie Nurhadi, dalam hasil risetnya, Senin, 30 April 2018.

Dia menambahkan, Senin, 30 April ini adalah hari terakhir efektif penangguhan pengenaan pajak oleh otoritas Bursa Malaysia. Program yang sedianya berakhir pada 7 April lalu, diperpanjang hingga akhir April. Nampaknya pelaku pasar mengabaikan hal ini sejak rilis data ekspor yang menurun.

Potensi untuk harga CPO melonjak atau di tutup dekat dengan level 2.400 ringgit Malaysia pun perlu "kejutan", perlu dukungan data fundamental yang signifikan karena secara teknikal harga berada di kisaran rendah.

Perdagangan Senin 30 April 2018, saat tulisan ini disusun, pergerakan harga CPO sedang berada pada level 2.363 ringgit Malaysia. Dengan perdagangan hari ini dibuka pada harga 2.381 ringgit Malaysia, harga tinggi (high) tercatat berada di 2.382 ringgit Malaysia, dan harga rendah (low) di 2.362 ringgit Malaysia.

Potensi penguatan perlu konfirmasi penembusan harga pada level resistance di kisaran:
- 2.428 ringgit Malaysia (resistance 3).
- 2.410 ringgit Malaysia (resistance 2).
- 2.399 ringgit Malaysia (resistance 1).

Potensi pelemahan yang dapat terjadi dengan acuan support di kisaran harga:
- 2.365 ringgit Malaysia (support 1).
- 2.349 ringgit Malaysia (support 2). 
- 2.222 ringgit Malaysia (support 3).



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360