Ilustrasi. Foto : AFP.
Ilustrasi. Foto : AFP.

Semester, Turis Tiongkok Habiskan USD128 Miliar di Luar Negeri

Ekonomi tiongkok
Arif Wicaksono • 06 Oktober 2019 18:00
Beijing: Turis Tiongkok menghabiskan USD 127,5 miliar di luar negeri pada paruh pertama 2019 (H1). Hal ini menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Administrasi Negara Valuta Asing (SAFE).
 
Benua Asia mengambil bagian terbesar dari konsumsi turis Tiongkok dengan 54 persen dari total belanja. Amerika menduduki peringkat kedua, terhitung 24 persen, diikuti oleh Eropa dengan 13 persen.
 
Dengan hubungan perdagangan dan investasi yang lebih kuat dengan beberapa negara yang terlibat dalam belt and road, penduduk Tiongkok membelanjakan lebih banyak uang di pasar negara berkembang tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada paruh pertama 2019, penduduk Cina menghabiskan total USD14,9 miliar di negara-negara Belt dan Road," lapor data SAFE dikutip dari Xinhua, Minggu, 6 Oktober 2019.
 
Dalam hal metode pembayaran, pembayaran seluler melihat volume H1-nya berlipat ganda dari periode yang sama tahun lalu, sementara pembyaran melalui kartu perbankan tetap menjadi bentuk pembayaran utama.
 
Belanja tetap menjadi komponen utama konsumsi turis. Di H1, pengeluaran warga Tiongkok untuk belanja tetap datar dibandingkan dengan 2018. Ini mencerminkan perbaikan dalam lingkungan belanja domestik.
 
Menurut Organisasi Pariwisata Dunia PBB, jumlah pelancong global akan melebihi 1,8 miliar pada 2030. Tiongkok pun dianggap sebagai pasar pariwisata dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan akan memainkan peran penting dalam pengembangan sektor ini.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif