Ilustrasi (FOTO: Cairo Post)
Ilustrasi (FOTO: Cairo Post)

Bank Dunia Prediksi PDB Tiongkok Tumbuh 6,2% di 2019

Ekonomi bank dunia ekonomi china
Angga Bratadharma • 04 Juni 2019 12:06
Beijing: Bank Dunia atau World Bank memprediksi ekonomi Tiongkok akan tumbuh 6,2 persen pada 2019 dan 6,1 persen pada 2020. Ekonomi Tiongkok diyakini akan semakin bergantung pada permintaan domestik untuk mempertahankan pertumbuhan yang cepat, di tengah lingkungan eksernal yang kurang sehat.
 
"Menanggapi moderasi pertumbuhan dan kondisi eksternal yang kurang menguntungkan, pemerintah memperkenalkan stimulus fiskal yang menekankan insentif pajak," kata Direktur Negara Bank Dunia untuk Tiongkok Martin Raiser, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa, 4 Juni 2019.
 
Ia menambahkan pemerintah pusat memiliki ruang fiskal untuk lebih meningkatkan pengeluaran jika perlu. Bahkan, lanjutnya, stimulus tambahan harus didanai secara tepat baik secara langsung di tingkat pusat maupun melalui transfer fiskal tambahan ke provinsi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengeluaran yang lebih tinggi untuk kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial dapat membantu meningkatkan menuntut dan meningkatkan kualitas layanan, jika dikombinasikan dengan reformasi untuk meningkatkan efisiensi," katanya.
 
Pada 2019, tambah laporan World Bank, pengurangan pajak dan biaya baru dan batasan yang lebih tinggi untuk pinjaman on-budget pemerintah daerah dapat menyebabkan defisit konsolidasi yang lebih tinggi sekitar 5,9 persen dari produk domestik bruto.
 
Laporan itu juga mengatakan bahwa ekspor neto tidak mungkin memberikan dorongan berkelanjutan dalam beberapa bulan mendatang, karena tarif baru berlaku dan pertumbuhan global melambat. Kondisi ini tentu patut diperhatikan dan dicarikan jalan keluarnya agar tidak memberikan efek negatif.
 
"Peningkatan ketegangan perdagangan, kepercayaan bisnis yang lebih lemah, dan pertumbuhan perdagangan global yang lebih lambat, diperkirakan akan membebani investasi dan ekspor pada 2020, mendorong revisi ke bawah untuk perkiraan pertumbuhan tahun depan menjadi 6,1 persen," tutup laporan World Bank.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif