Presiden Tiongkok Xi Jinping saat menghadiri KTT G20. (FOTO: AFP)
Presiden Tiongkok Xi Jinping saat menghadiri KTT G20. (FOTO: AFP)

Imbauan Presiden Tiongkok di KTT G20

Ekonomi ktt g20 ekonomi global
Ade Hapsari Lestarini • 28 Juni 2019 20:08
Osaka: Presiden Tiongkok Xi Jinping meminta negara anggota Kelompok 20 (G20) untuk mengeksplorasi kekuatan pendorong pertumbuhan ekonomi global.
 
Selain itu, Xi juga meminta negara-negara anggota G20 untuk meningkatkan tata kelola ekonomi global, menghilangkan hambatan pembangunan ekonomi, dan mengatasi perbedaan dengan tepat.
 
Melansir Xinhua, Jumat, 28 Juni 2019, Xi juga berjanji bahwa Tiongkok akan lebih lanjut membuka pasarnya. Serta secara proaktif memperluas impor, terus meningkatkan lingkungan bisnisnya untuk perusahaan asing, dan terus maju dengan berbagai negosiasi perjanjian perdagangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Xi membuat pernyataan tersebut ketika berbicara di KTT G20 ke-14 di kota Osaka, Jepang.
 
Dia memperhatikan bahwa ekonomi dunia berada di persimpangan, 10 tahun setelah krisis keuangan global meletus. Xi mengatakan G20 memikul tanggung jawab untuk memetakan arah perekonomian dunia dan pemerintahan global pada saat yang genting, serta menyuntikkan kepercayaan ke pasar, dan membawa harapan kepada orang-orang.
 
"Para anggota G20 harus menghormati hukum obyektif dan memainkan peran pasar, sehingga dapat beradaptasi dengan kebutuhan pengembangan kekuatan produktif," kata presiden Tiongkok ini.
 
Dia mendesak G20 untuk mengikuti tren utama pembangunan, merangkul peluang pembangunan dengan keterbukaan yang lebih besar, serta mencari hasil win-win dengan kerja sama yang lebih baik, sehingga dapat memandu globalisasi ekonomi menuju arah yang benar.
 
Xi juga meminta para anggota G20 untuk fokus pada kepentingan bersama dan pembangunan jangka panjang, serta berkomitmen untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran abadi bagi dunia dan kehidupan yang memuaskan bagi orang-orang di seluruh dunia.
 
Presiden Tiongkok tiba di Osaka pada Kamis waktu setempat untuk menghadiri KTT G20 atas undangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif