Pesan Bos IMF ke Negara Anggota G20
Managing Director (Ketua) IMF Christine Lagarde. (FOTO: AFP)
Washington: Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memiliki beberapa pesan untuk negara anggota KTT Kelompok 20 (G20).

Lagarde mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk mengurangi ketegangan perdagangan, membalikkan kenaikan tarif baru-baru ini, dan memodernisasi sistem perdagangan multilateral berbasis aturan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada akhir KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, Lagarde menegaskan kembali dia menentang adanya hambatan perdagangan. Menurut dia itu merupakan hal yang sangat kejam.

Melansir Xinhua, Senin, 3 Desember 2018, IMF memperkirakan jika Amerika Serikat (AS) tetap menaikkan tarif, maka sekitar 0,75 persen dari produk domestik bruto global (PDB) dapat hilang pada 2020. Namun jika sebaliknya, pembatasan perdagangan dikurangi 15 persen, maka GDP global bisa lebih tinggi 0,5 persen.

"Tekanan di pasar negara berkembang telah meningkat dan ketegangan perdagangan telah mulai berdampak negatif, sehingga meningkatkan risiko penurunan," kata Lagarde.

"Pilihannya jelas. Perbaiki perdagangan -ini adalah prioritas nomor satu untuk meningkatkan pertumbuhan dan pekerjaan," tegas dia.

Selain ketegangan perdagangan, Lagarde juga menyoroti masalah mendesak lainnya, yakni tingkat utang global yang berlebihan, sekitar USD182 triliun menurut perkiraan pemberi pinjaman multilateral.

"Ini penting, terutama bagi negara-negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah, untuk membangun kembali penyangga dan membalikkan kebijakan fiskal prosiklik," kata Lagarde, menambahkan bahwa peningkatan transparansi utang sama pentingnya dengan mendukung keberlanjutan utang.

Dia menunjukkan bahwa pertumbuhan global, meskipun tetap kuat, memoderasi dan menjadi lebih tidak merata.

Selain itu dia menyarankan anggota G20, yang mewakili sekitar 85 persen dari PDB global, untuk terus menormalkan kebijakan moneter dalam cara yang dikomunikasikan dengan baik, bertahap, dan berbasis data, menggunakan alat mikro dan makroprudensial untuk mengatasi risiko keuangan.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id