Bank Dunia. Dok;AFP.
Bank Dunia. Dok;AFP.

Bank Dunia Klarifikasi Kritiknya ke Proyek Infrastruktur Indonesia

Ekonomi bank dunia infrastruktur
01 Januari 2019 19:51
Jakarta: Bank Dunia secara terbuka mengutarakan klarifiaksi atas beredarnya laporan internal bank dunia yang membahas kekurangan dalam proyek infrastruktur di Indonesia.
 
Senior Communications Officer Bank Dunia Lestari Boediono menjelaskan laporan yang berjudul Indonesia's Infrastructure Planning & Budgeting Processes itu tak mengacu kepada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.
 
"Laporan itu diseselesaikan pada 2014 atau sebelum Presiden Joko Widodo terpilih sebagai Presiden RI dan berusaha menjelaskan rencana infrastruktur dan anggaran pada waktu itu," kata dia dikutip dari laman Bank Dunia, Jakarta, Selasa 1, Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun mengaku laporan ini hanya ditujukan kepada internal Bank Dunia dan tampil di laman karena adanya kesalahan administrasi di salah satu situs Bank Dunia pada Juni 2018.
 
Oleh karena itu laporan itu tak mengkover reformasi perizinan yang sudah dilakukan pemerintah sejak lima tahun lalu termasuk dengan beberapa kemudahan regulasi yang dikeluarkan pemerintah.
 
Laporan itu mengkritik kurangnya koordinasi antara Bappenas dan kementerian lembaga dalam proyek infrastruktur. Bank Dunia merasa ada kurangnya komunikasi antara Bappenas dengan Kementerian dan Lembaga.
 
Kementerian dan lembaga melihat Bappenas tak relevent dalam proses pembangunan infrastruktur. Mereka hanya berbicara dengan Bappenas di awal tahun untuk melakukan verifikasi anggaran prioritas secara tahunan.
 


 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi