Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih.. FOTO: AFP.
Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih.. FOTO: AFP.

Usai Bahas Perang Dagang, Wakil PM Tiongkok Bertemu Trump

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Ade Hapsari Lestarini • 12 Oktober 2019 14:22
Washington: Presiden AS Donald Trump bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He di Kantor Oval Gedung Putih pada Jumat sore. Pertemuan ini dilakukan setelah kesimpulan dari putaran terakhir konsultasi ekonomi dan perdagangan tingkat tinggi antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).
 
Liu, yang juga anggota Biro Politik Partai Komunis Komite Sentral Tiongkok dan ketua pihak Tiongkok untuk Tiongkok-AS melakukan dialog ekonomi yang komprehensif. Liu untuk pertama kalinya menyampaikan pesan Presiden Tiongkok Xi Jinping kepada Trump.
 
Melansir Xinhua, Sabtu, 12 Oktober 2019, akhir-akhir ini, tim ekonomi dan perdagangan kedua belah pihak tetap berkomunikasi dan saling menunjukkan niat baik. Hal ini disambut baik oleh masyarakat dan komunitas internasional, kata Xi dalam pesan tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua tim membuat kemajuan pada beberapa bagian dari perjanjian yang sedang dibahas. Penting bagi kedua belah pihak untuk mengatasi kekhawatiran satu sama lain dengan baik dan membuat kemajuan positif di bidang lain juga, kata Xi, menegaskan kembali bahwa hubungan Tiongkok-AS sehat dan stabil.
 
Presiden Tiongkok berharap kedua pihak akan bekerja sama untuk memajukan Tiongkok-AS. Mulai dari hubungan berdasarkan koordinasi, kerja sama dan stabilitas, mengelola perbedaan atas dasar saling menghormati, dan memperluas kerja sama untuk saling menguntungkan, sehingga membawa hubungan mereka ke depan di jalur yang benar.
 
Berbicara tentang putaran konsultasi terakhir, Liu mengatakan kedua belah pihak melakukan diskusi yang jujur, efisien, dan konstruktif tentang masalah ekonomi dan perdagangan yang menjadi perhatian bersama.
 
Liu mengatakan ada kemajuan substansial telah dibuat di bidang-bidang tertentu seperti pertanian, perlindungan hak kekayaan intelektual, nilai tukar, jasa keuangan, perluasan kerja sama perdagangan, transfer teknologi dan penyelesaian sengketa. Dia menambahkan bahwa kedua belah pihak juga membahas pengaturan pembahasan perdagangan di masa depan.
 
Dia mengatakan hubungan perdagangan yang baik untuk Tiongkok dan AS dilakukan untuk perdamaian dan kemakmuran dunia.
 
Dirinya berharap kedua belah pihak akan mengikuti prinsip-prinsip dan arahan yang ditetapkan oleh kedua presiden. Serta mengatasi keprihatinan masing-masing atas dasar kesetaraan dan saling menghormati, dan mendorong pembangunan ekonomi bilateral yang sehat dan stabil.
 
Trump pun menyampaikan apresiasinya terhadap pesan Xi. Dia sekali lagi mengucapkan selamat atas peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, dan meminta Liu untuk menyampaikan salam hangatnya kepada Xi.
 
Mengamati bahwa hubungan AS-Tiongkok sedang menikmati pertumbuhan yang kuat, Trump mengatakan bahwa ia sangat menghormati Negeri Tirai Bambu ini dan sangat menghormati Xi, yang merupakan pemimpin hebat.
 
Trump juga mengatakan dia senang melihat bahwa negosiasi perdagangan AS-Tiongkok telah menghasilkan kemajuan tahap satu yang substansial, yang merupakan hal besar bagi kedua negara dan dunia pada umumnya.
 
Dia berharap bahwa kedua tim negosiasi akan melanjutkan upaya mereka, menyelesaikan teks kesepakatan fase pertama lebih awal, dan bergerak maju dengan negosiasi di masa depan. Amerika Serikat pun, kata Trump, menyambut siswa-siswa Tiongkok untuk datang dan belajar di negara itu.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif