Ketua Federal Reserve Jerome Powell. FOTO: AFP
Ketua Federal Reserve Jerome Powell. FOTO: AFP

Ketua Fed Minta Kongres AS Segera Atasi Defisit Anggaran

Ekonomi ekonomi amerika the fed
Medcom • 16 November 2019 16:01
Washington: Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell menegaskan kembali urgensi bagi Kongres AS untuk mengatasi masalah defisit anggaran yang kian meningkat. Hal itu dianggap penting agar bisa mendukung pertumbuhan ekonomi AS, termasuk penyelarasan kebijakan moneter dari bank sentral.
 
Pada dengar pendapat yang diadakan oleh Komite Anggaran DPR, Powell mengatakan anggaran federal berada pada jalur yang tidak berkelanjutan, dengan utang yang tinggi dan terus naik. Seiring waktu kondisi itu dapat menghambat pembuat kebijakan fiskal untuk mendukung kegiatan ekonomi ketika berikutnya ada resesi.
 
Dalam kesempatan itu, Ketua Fed kembali menyoroti pentingnya kebijakan fiskal seraya mencatat bank sentral AS memiliki kemampuan terbatas untuk merespons penurunan dengan suku bunga acuan yang sudah rendah. Tiga pemotongan suku bunga sejak Juli menempatkan kisaran target tingkat suku bunga saat ini di 1,5-1,75 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Utang tumbuh lebih cepat di ekonomi AS. Generasi mendatang akan memiliki lebih sedikit sumber daya dalam pendidikan, kesehatan, dan lainnya karena mereka akan membelanjakan uang pajak mereka untuk membayar utang," kata Powell, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 16 November 2019.
 
Powell menambahkan harus ada komitmen nasional luas untuk mengatasi masalah ini. Bahkan, ia mendesak Kongres untuk melakukan upaya dengan pendekatan konsisten dalam jangka waktu yang lama. Menurut data yang dirilis Departemen Keuangan AS defisit pada Oktober adalah USD134 miliar atau naik 34 persen dari bulan yang sama tahun lalu.
 
"Kita berada dalam dunia defisit triliun dolar sekarang. Berkat pemotongan pajak dan kenaikan belanja baru-baru ini, apa yang kita lihat bulan lalu hanya lah puncak gunung es," kata Presiden Komite Anggaran Federal Maya MacGuineas, dalam sebuah pernyataan.
 
"Sudah waktunya bagi anggota parlemen untuk memperhatikan. Alih-alih meningkatkan pengeluaran dan pemotongan pajak, kita perlu rencana untuk memperbaiki lintasan utang kita. Semakin lama kita menunggu untuk bertindak, semakin sedikit pilihan yang akan kita miliki dan semakin menyakitkan mereka," kata MacGuineas.
 
Data dari Departemen Keuangan AS menunjukkan defisit anggaran federal AS mencapai USD984 miliar pada tahun fiskal 2019 (yang berakhir 30 September), naik 26 persen tahun-ke-tahun, dan merupakan yang tertinggi sejak 2012. Defisit federal 4,6 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun fiskal atau 0,8 poin lebih tinggi dari tahun sebelumnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif