Fed Masih Melihat 4 Kenaikan Suku Bunga Acuan
Gedung The Fed (Karen Bleier/AFP)
New York: Presiden Fed Dallas Robert Kaplan mengungkapkan Federal Reserve perlu menaikkan suku bunga acuan sebanyak empat kali lagi sebelum mencapai tingkat ekuilibrium. The Fed masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan sebelum memiliki suku bunga acuan pada tingkat yang dianggap netral untuk pertumbuhan ekonomi.

"Pandangan saya sendiri adalah kita harus menaikkan suku bunga acuan sampai kita netral. Kita harus melakukannya secara bertahap. Saya belum siap untuk mengatakan, tetapi saya ingin pergi di atas netral," kata Kaplan, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 26 Mei 2018.

Dengan kondisi itu bisa diartikan the Fed akan mengambil pendekatan yang lebih dovish terhadap kebijakan, menunda menaikkan suku bunga acuan, bahkan jika inflasi naik di atas target dua persen FOMC. Kaplan berada posisi yang bersedia untuk membiarkan kondisi sedikit memanas.



"Saya ingin (inflasi) berlari di sekitar dua persen, dan jika kami mendapat sedikit di atasnya dan saya pikir itu akan jangka pendek dan tidak jangka panjang, saya bisa menolerirnya. Apabila itu bertahan, saya pikir akan memengaruhi pandangan kebijakan saya," tukasnya.

Di atas peningkatan yang telah disetujui pada Maret, pelaku pasar secara luas mengharapkan the Fed untuk menaikkan suku bunga acuan seperempat poin pada Juni, diikuti oleh langkah lain pada September. Namun, para pedagang telah memangkas kembali ekspektasinya untuk pergerakan keempat pada Desember.

Pejabat Fed telah mendiskusikan di mana mereka mungkin mencapai tingkat netral yang tidak bersifat stimulasi atau restriktif. Kaplan memperkirakan bahwa suku bunga dimaksud antara 2,5 persen dan 2,75 persen, dibandingkan dengan kisaran 1,5 persen hingga 1,75 persen saat ini.


 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id