Ilustrasi Singapura. (FOTO: AFP)
Ilustrasi Singapura. (FOTO: AFP)

Wabah Korona Berdampak ke Rantai Pasok Dunia

Ekonomi Virus Korona tiongkok ekonomi dunia
Nia Deviyana • 06 Februari 2020 07:00
Jakarta: Merebaknya virus korona berimbas kepada rantai pasok dunia. Hal ini dikarenakan Tiongkok sebagai negara penyuplai bahan baku terbesar dan merupakan negara dengan ekonomi terkuat kedua setelah Amerika Serikat.
 
Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing mengatakan pentingnya diversifikasi rantai pasok agar dunia tak melulu bergantung pada beberapa negara.
 
"Saat ini, Tiongkok tidak hanya memproduksi produk-produk bernilai rendah, tetapi juga dalam rantai pasok dari banyak produk-produk kelas atas. Artinya, dampak pada rantai pasokan akan signifikan di seluruh dunia," ujar Chan yang dikutip dari CNBC International, Rabu, 5 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chan menjelaskan Singapura merupakan negara kecil di Asia Tenggara yang ekonominya paling bergantung pada perdagangan dunia. Apalagi Tiongkok menjadi mitra dagang terbesar untuk memasok bahan dan suku cadang kebutuhan ekspor.
 
Karena itu, wabah korona diperkirakan semakin memukul Singapura setelah perang dagang AS-Tiongkok pada tahun lalu membawa ekonomi negara singa anjlok.
 
"Tetapi besarnya dampak akan tergantung pada berapa lama wabah berlangsung," kata Chan.
 
Namun demikian, pemerintah Singapura terus mendesak perusahaan agar tidak bergantung pada produk atau pasar tertentu. Adapun Singapura mencatat 24 kasus infeksi korona.
 
"Sejujurnya, semua orang akan terkena dampak ini. Kuncinya adalah siapa yang akan pulih lebih cepat dan bagaimana orang merespons krisis, jauh menjadi lebih penting daripada krisis itu sendiri," ungkapnya.
 
Data Pusat Sains dan Teknik Sistem (CSSE) Universitas Johns Hopkins mencatat sedikitnya 24.560 kasus virus korona secara global di 26 negara yang mengakibatkan 493 kematian. Indonesia belum memiliki kasus yang dikonfirmasi, tetapi seorang pekerja rumah tangga Indonesia di Singapura dinyatakan positif terkena virus tersebut.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif