Ilustrasi (FOTO: Internationalbusinesstribune)
Ilustrasi (FOTO: Internationalbusinesstribune)

Optimisme Terus Tumbuh di Ekonomi Tiongkok

Ekonomi ekonomi china tiongkok
Angga Bratadharma • 02 Maret 2019 16:04
Beijing: Gambaran segar sektor manufaktur dan non-manufaktur Tiongkok menunjukkan prospek ekonomi yang lebih positif meskipun terjadi penurunan musiman pada aktivitas pabrik. Data resmi yang dirilis menunjukkan sektor manufaktur Tiongkok berkembang lebih lambat di Februari.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 2 Maret 2019, Biro Statistik Nasional (NBS) mencatat indeks manajer pembelian manufaktur atau Purchasing Managers Index (PMI) Tiongkok berada di level 49,2 pada Februari, atau melemah dibandingkan dengan level 49,5 pada Januari.
 
Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sementara angka di bawah mencerminkan kontraksi. Sub-indeks untuk produksi, faktor utama yang digunakan dalam menghitung PMI, turun 1,4 poin menjadi 49,5 pada Februari, sedangkan sub-indeks untuk pesanan baru naik menjadi 50,6, sebuah indikasi ekspansi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahli Statistik Senior NBS Zhao Qinghe mengaitkan penurunan bulanan PMI manufaktur dengan faktor musiman termasuk penghentian produksi sekitar Tahun Baru Imlek Tiongkok. Zhao juga mencatat semakin kuatnya sumber pertumbuhan baru, karena sub-indeks untuk produksi sektor manufaktur berteknologi tinggi terus meningkat.
 
Ia menambahkan kegiatan perusahaan teknologi tinggi di sektor manufaktur farmasi dan peralatan komunikasi menunjukkan vitalitas di atas rata-rata. Mengomentari data PMI manufaktur Februari, perusahaan perbankan investasi CICC mengatakan permintaan domestik Tiongkok menunjukkan tanda-tanda pemulihan.
 
"Tekanan deflasi berkurang pada Februari, dan ekspektasi produksi dan bisnis meningkat secara nyata," kata CICC.
 
Data tersebut menunjukkan pembacaan tertinggi empat bulan di 56,2 untuk indeks ekspektasi produksi dan operasi, kenaikan yang ditandai 3,7 poin dari Januari. "PMI Manufaktur dapat kembali bangkit dalam waktu dekat jika siklus kredit reflasi moderat berlanjut," kata CICC.
 
"Indeks pembelian manajer non-manufaktur datang di level 54,3 pada bulan ini, yang berarti sektor non-manufaktur tetap dalam kisaran ekspansi," kata NBS.
 
Indeks untuk sektor termasuk kereta api dan transportasi udara, telekomunikasi, perbankan dan leasing berada di atas 55, menunjukkan pertumbuhan bisnis yang kuat. Sentimen pasar membaik karena sub-indeks untuk pesanan baru dan ekspektasi bisnis naik masing-masing 0,3 dan 1,8 poin dari Januari, mengindikasikan permintaan layanan yang meningkat.
 
Sektor konstruksi melihat kegiatannya menyusut karena liburan Festival Musim Semi dan cuaca buruk tetapi kemungkinan akan mengambil langkah di masa depan karena data menunjukkan meningkatnya ekspektasi bisnis.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif