Ilustrasi (FOTO: Pando)
Ilustrasi (FOTO: Pando)

Wall Street Menguat Tipis di Perdagangan Perdana 2019

Ekonomi wall street
03 Januari 2019 07:01
New York: Bursa saham Wall Street berakhir sedikit lebih tinggi pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB) memulai tahun baru dengan hari perdagangan yang fluktuatif. Kondisi itu terjadi lantaran kenaikan saham-saham teknologi dan energi mengurangi kekhawatiran atas perlambatan ekonomi global.

Mengutip Antara, Kamis, 3 Januari 2019, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup 18,78 poin atau 0,08 persen lebih tinggi menjadi 23.346,24 poin. Indeks S&P 500 naik 3,18 poin atau 0,13 persen menjadi berakhir di 2.510,03 poin. Indeks Komposit Nasdaq menguat 30,66 poin atau 0,46 persen, menjadi ditutup di 6.665,94 poin.

Empat saham FAANG (Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Google/Alphabet) atau lima saham teknologi paling populer dan berkinerja terbaik di pasar, meningkat dan mengurangi kerugian tajam saham-saham teknologi Nasdaq dari sesi sebelumnya di 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Saham Facebook naik sekitar 3,5 persen, memimpin para pencetak keuntungan. Saham Amazon dan Apple juga meningkat masing-masing 2,5 persen dan 0,11 persen. Sementara saham Netflix menyusut lebih dari satu persen, setelah analis mengatakan penyedia layanan media itu melihat penurunan pertumbuhan pelanggan pada kuartal keempat 2018, menurut media lokal. Tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 menguat dengan sektor energi melonjak 8,78 persen, memimpin para pemenang. Harga minyak mentah AS berjangka juga menguat 2,5 persen ke tertinggi dua minggu di USD46,5, sebuah bukti untuk memanaskan sentimen investor.

Presiden AS Donald Trump berusaha untuk menenangkan pasar saham AS yang tertekan dengan mengatakan kesalahan terjadi sehubungan dengan aksi jual brutal Desember, di mana Dow dan S&P 500 membukukan kinerja Desember terburuk mereka sejak 1931, serta Nasdaq terjun ke tepi pasar bearish.

"Kami memiliki sedikit kesalahan di pasar saham bulan lalu. Dan itu akan naik begitu kita menyelesaikan masalah perdagangan, dan begitu pula beberapa hal lainnya yang terjadi," kata Trump kepada wartawan pada pertemuan kabinet.

Trump juga menyerukan agar Federal Reserve AS segera mengambil tindakan, memicu spekulasi pasar bahwa bank sentral kemungkinan akan mengakhiri pengetatan moneternya pada 2019. "Kami membutuhkan sedikit bantuan dari the Fed tetapi kami akan menjadi baik. Kesepakatan perdagangan akan dimulai," pungkasnya.

 


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi