Alibaba menjadi raksasa e-commerce asal Ttiongkok. Foto: AFP/ALAIN JOCARD
Alibaba menjadi raksasa e-commerce asal Ttiongkok. Foto: AFP/ALAIN JOCARD

Alibaba Group Perkuat Investasi di Sektor Logistik

Ekonomi
Nia Deviyana • 10 November 2019 22:18
Beijing: Alibaba Group menanamkan investasi tambahan sebesar 23,3 miliar yuan atau USD3,3 miliar di Cainiao Network Technology, anak usahanya di bidang logistik. Dengan demikian kepemilikan saham Alibaba meningkat dari 51 persen menjadi 63 persen.
 
Cainiao Network optimistis dengan lebih kuat di sumber daya keuangan, mereka dapat mengembangkan layanan infrastruktur logistik global yang andal.
 
Pemegang saham lain yang ada juga berpartisipasi dalam penggalangan dana, menunjukkan kepercayaan yang kuat pada prospek jangka panjang Cainiao.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Logistik adalah pilar utama sistem operasi bisnis Alibaba. Ini memungkinkan kami untuk menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan dan untuk secara efektif memajukan strategi ritel baru kami," kata CEO Alibaba, kata Zhang Yong, seperti dilansir dari Xinhua, Minggu, 10 November 2019.
 
Untuk meningkatkan efisiensinya, Cainiao Network memperkuat teknologi Internet of Things (IoT) dan membuat jaringan pintar untuk memaksimalkan rantai pasok di sektor logistik.
 
Pada 2017, Alibaba meningkatkan kepemilikan sahamnya di Cainiao dari 47 persen menjadi 51 persen. Tidak tanggung-tanggung, Alibaba menghabiskan lebih dari 100 miliar yuan (USD14,3 miliar) untuk memperluas bisnis logistik tersebut selama lima tahun.
 
Raksasa e-commerce dari Tiongkok ini memang tengah memperkuat cengkramannya pada sektor logistik dalam beberapa tahun terakhir. Awal tahun ini, perusahaan membeli hampir 15 persen saham STO Express. Pada awal tahun ini, Alibaba juga memiliki sekitar 10 persen dari ZTO, 11 persen dari YTO dan 27,9 persen dari Best Inc.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif