Ilustrasi (Hector Mata/AFP)
Ilustrasi (Hector Mata/AFP)

Tingkat Pengangguran AS Turun ke Level Terendah

Ekonomi ekonomi amerika
04 Mei 2019 20:01
New York: Laporan Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) mengungkapkan salah satu mesin pertumbuhan ekonomi AS yakni pekerjaan terus berdengung di April, dengan menambahkan 263 ribu karyawan baru yang kuat. Sementara tingkat pengangguran turun menjadi 3,6 persen atau level terendah dalam satu generasi.
 
Pertumbuhan gaji non-pertanian dengan mudah mengalahkan ekspektasi Wall Street di level 190 ribu dan tingkat pengangguran 3,8 persen. Rata-rata pertumbuhan pendapatan per jam mencatat 3,2 persen dari tahun lalu, atau di bawah perkiraan Dow Jones sebesar 3,3 persen.
 
Mengutip CNBC, Sabtu, 4 Mei 2019, untuk keuntungan bulanan adalah 0,2 persen atau berada di bawah kenaikan 0,3 persen yang diharapkan, membawa rata-rata ke USD27,77. Rata-rata minggu kerja juga turun 0,1 jam menjadi 34,4 jam.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tingkat pengangguran yang serendah ini pernah tercapai pada Desember 1969 ketika mencapai 3,5 persen. Pada saat banyak ekonom melihat pasar tenaga kerja yang ketat, pertumbuhan pekerjaan besar berlanjut karena ekspansi ekonomi sedikit lagi mencatat level terpanjang dalam sejarah.
 
Tingkat pengangguran untuk orang Asia turun tajam, jatuh dari 3,1 persen menjadi 2,2 persen. Sementara penurunan tingkat pengangguran bulan lalu datang dengan peningkatan yang kuat dalam perekrutan, itu juga dibantu oleh penurunan tajam dalam tenaga kerja dari 490 ribu.
 
Kondisi itu membawa tingkat partisipasi angkatan kerja turun menjadi 62,8 persen, tepat di tempatnya pada setahun yang lalu. Sedangkan ukuran pengangguran yang lebih luas yang mencakup mereka yang berhenti mencari pekerjaan serta setengah menganggur mencapai 7,3 persen, di mana sudah terjadi sejak Februari.
 
Mereka yang dihitung tidak dalam angkatan kerja melonjak 646 ribu ke level baru menjadi 96,2 juta. Tingkat pengangguran mencapai 387 ribu pada April, sehingga total level menjadi 5,8 juta. Namun, pekerja yang dipekerjakan juga menurun 103 ribu, menurut survei rumah tangga Departemen Tenaga Kerja.
 
Layanan profesional dan bisnis memimpin penciptaan lapangan kerja posisi baru sebanyak 76 ribu. Sektor konstruksi bertambah 33 ribu, menjadi total 256 ribu pekerjaan baru yang diciptakan di lapangan kerja itu selama setahun terakhir.
 
Perawatan kesehatan naik 27 ribu sehingga total 12 bulan menjadi 404 ribu. Sementara posisi keuangan naik 12 ribu, melengkapi peningkatan 111 ribu dalam periode 12 bulan berkat pertumbuhan real estat dan penyewaan dan penyewaan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif