NEWSTICKER
ilustrasi - - Foto: AFP
ilustrasi - - Foto: AFP

Kekhawatiran Korona Kembali Pukul Minyak Dunia

Ekonomi Virus Korona minyak mentah
Antara • 22 Februari 2020 08:30
New York: Harga minyak dunia kembali turun hingga satu persen pada akhir perdagangan Jumat atau (Sabtu pagi). Penurunan ini terjadi di tengah kekhawatiran baru tentang permintaan minyak mentah yang terjepit oleh dampak ekonomi dari penyebaran virus korona.
 
Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April sempat jatuh lebih dari dua persen sebelum turun 81 sen atau 1,4 persen pada USD58,50 per barel.
 
Kemudian minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret ditutup 50 sen atau lebih rendah atau 0,9 persen menjadi USD53,3 per barel.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, kedua acuan minyak mentah berjangka itu tercatat mengalami kenaikan secara mingguan. Brent naik dua persen dan minyak mentah AS (WTI) naik 2,6 persen.
 
Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank Ole Hansen mengatakan kenaikan mingguan disebabkan oleh berkurangnya permintaan pada awal minggu dan setelah penambahan stok minyak mentah AS yang lebih kecil dari perkiraan.
 
"Aman untuk mengatakan bahwa ketidakpastian (seputar virus korona) telah kembali dengan kuat," katanya dilansir Antara, Sabtu, 22 Februari 2020.
 
Adapun kekhawatiran atas virus korona mempersuram risiko-risiko untuk memasok minyak dunia. Termasuk blokade terbaru di Libya. Kekhawatiran itu akhirnya menekan harga.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif