Trump Berharap Banyak dari Perdagangan Tiongkok
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AFP Photo/Rhona Wise)
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump banyak berharap dengan Tiongkok dalam hal perdagangan. Akan tetapi, dia memperingatkan bahwa pihaknya siap mengenakan tarif tambahan yang bernilai miliaran dolar jika kesepakatan dengan Tiongkok tidak dapat tercapai.

"Saya pikir kami akan membuat banyak hal dengan Tiongkok dan itu harus menjadi hebat, karena mereka telah menguras negara kami," kata Trump, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 3 November 2018, seraya menambahkan bahwa Trump ingin membuat kesepakatan sekarang juga, tetapi sayangnya Tiongkok belum siap.

Bloomberg melaporkan Washington sedang bersiap mengumumkan tarif tambahan pada semua impor Tiongkok yang tersisa pada awal Desember, jika pembicaraan antara Trump dan mitranya Xi Jinping gagal meredakan perang perdagangan bulan depan. Baik Trump dan Xi diperkirakan menghadiri pertemuan G-20 di Buenos Aires, di mana keduanya bisa bertemu.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Tiongkok Lu Kang mengatakan Tiongkok dan Amerika Serikat telah berkomunikasi tentang pertukaran di semua tingkat, termasuk kemungkinan pertemuan Xi-Trump di Argentina, meskipun ia tidak memberikan rincian.



"Jika Amerika Serikat tidak mau mempromosikan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Tiongkok, maka Tiongkok sepenuhnya yakin dapat melanjutkan reformasi dan mengembangkan diri," kata Lu.

Amerika Serikat memberlakukan tarif atas barang-barang Tiongkok senilai USD250 miliar, dan Tiongkok telah menanggapi dengan pembalasan serupa atas barang-barang AS senilai USD110 miliar. Apa yang dilakukan kedua negara ini akhirnya memunculkan perang dagang yang ujungnya memberikan tekanan terhadap ekonomi dunia.

"Dan saya memiliki USD267 miliar yang menunggu untuk pergi jika kami tidak dapat membuat kesepakatan," pungkas Trump.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id