Menkeu Sri Mulyani. MI/SUSANTO.
Menkeu Sri Mulyani. MI/SUSANTO.

Tekanan Global Lebih Parah Ketimbang Kondisi dalam Negeri

Ekonomi ekonomi global
Eko Nordiansyah • 23 Mei 2019 16:23
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan dampak yang ditimbulkan dari kondisi politik di dalam negeri tidak separah dampak tekanan global. Kondisi di luar negeri lebih berpengaruh terhadap kondisi perekonomian daripada kerusuhan di ibu kota beberapa hari belakangan.
 
Menurut dia, pelaku usaha sampai dengan investor telah mengantisipasi apa yang bakal terjadi setelah pengumuman hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kerusuhan yang sedikit terjadi di luar perkiraan, namun bisa diatasi dengan baik oleh aparat keamanan.
 
"Jadi tidak ada yang disebut elemen of surprise mengenai itu. Yang terjadi dengan kerusuhan sangat-sangat disayangkan," kata dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis 23 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, pelaksanaan Pemilu di Indonesia diapresiasi oleh dunia internasional. Bahkan sejumlah pimpinan negara di dunia memberikan ucapan atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu sampai dengan pengumuman resmi hasil rekapitulasi suara oleh KPU.
 
Sementara jika ada pihak yang tak sepakat dengan hasil Pemilu bisa mengajukan gugatan sebagaimana dengan aturan perundang-undangan yang sudah ada. Adanya mekanisme ini diharapkan bisa menunjukan bahwa Indonesia merupakan negara yang demokrasinya sudah matang.
 
Adapun kondisi di global yang banyak mempengaruhi adalah eskalasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok. Jika sebelumnya diperkirakan ketegangan antara kedua negara bisa mereda, namun ternyata tidak ada kesepakatan positif yang dicapai oleh AS dan Tiongkok.
 
"Berbagai negosiasi dari tim sebetulnya berikan harapan, sehingga yang muncul adalah lebih surprise. Tadinya semuanya mengharapkan ini akan settle tapi terjadi turn around yang sangat besar, itu yang sebabkan elemen of surprise di dalam situasi yang terjadi," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif