Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Ekspor Nonmigas Singapura Jatuh 11,7% di Maret

Ekonomi singapura
17 April 2019 20:00
Singapura: Ekspor nonmigas Singapura jatuh 11,7 persen di Maret secara year on year tahun ini setelah naik tipis 4,8 persen di Februari. Kejatuhan ini juga lebih buruk 2,2 persen dari prediksi analis Bloomberg. Ini juga merupakan kejatuhan bulanan secara tahunan semenjak kejatuhan 12 persen pada Oktober 2016.
 
Penurunan ini dipimpin oleh kejatuhan ekspor elektronik sebesar 26,7 persen yang mengikuti kejatuhan pertumbuhan sebesar 8,2 persen dari bulan sebelumnya. Sirkuit terpadu jatuh 22,2 persen, komputer pribadi minus 46,3 persen dan disket jatuh 40,3 persen berkontribusi paling besar terhadap penurunan elektronik.
 
Ekonom Maybank LeeJu Ye mengatakan pada Strait Times bahwa sinyal penurunan terhadap sektor elektronik tak hanya di Singapura tetapi juga di negara lain seperti Korea Selatan dan Taiwan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dia menambahkan bahwa penurunan ini sudah mendekati level paling dalam dan usaha pembalikan arah akan terjadi ketika perang dagang antara AS dan Tiongkok selesai pada Mei.
 
"Banyak sinyal positif ketika Purchasing Managers’ Index (PMI) akan menunjukkan kenaikan," kata dia.
 
Sementara itu analis dari Nomura Euben Paracuelles dan Charnoon Boonnuch mengatakan bahwa kejatuhan ekspor nonmigas Singapura merupakan sinyal dari pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang tumbuh 1,3 persen pada kuartal I tahun ini.
 
"Secara keseluruhan, kami tetap berhati-hati pada prospek pertumbuhan. Kami memperkirakan pertumbuhan PDB Singapura tahun ini berada di 2,5 persen, melambat dari 3,2 persen tahun lalu," tambah Nomura.
 
Ekspor nonmigas Singapura ke sebagian besar pasar teratas menyusut pada bulan Maret. Ekspor ke Jepang menurun paling besar, yaitu 36,6 persen, mengikuti kontraksi 42,6 persen Februari. Pasar lain yang mengalami penurunan besar adalah Taiwan yang minus 27,4 persen dan Hong Kong minus 22,4 persen), sementara pengiriman ke Tiongkok menyusut 8,7 persen.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif