Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Dampak Perang Dagang terhadap Ekonomi Global Sangat Meresahkan

Ekonomi ekonomi global Perang dagang
10 Juni 2019 20:19
PEMBUAT kebijakan utama global mempertimbangkan dampak ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, terhadap pertumbuhan ekonomi dunia. Para menteri keuangan dan kepala bank sentral yang tergabung dalam kelompok G20 berharap risiko konflik dagang mereda.
 
Perselisihan mengenai komunike akhir memakan waktu lebih dari 30 jam. Seorang pejabat mengungkapkan proses menuju akhir terbilang rumit. Apalagi ketika diskusi secara luas mengadu domba AS dengan negara-negara lain.
 
Kepada wartawan, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan perundingan hari pertama yang berakhir Sabtu lalu, menyoroti ekonomi global akan menguat pada paruh kedua tahun ini. Kendati demikian, risiko penurunan ekonomi global masih membayangi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Aso menekankan kepercayaan pasar bisa terkikis, jika tidak ada resolusi cepat mengenai perang dagang antara Beijing dan Washington. Komunitas internasional melihat dua negara ekonomi raksasa melemparkan serangan tarif, yang menyasar komoditas senilai miliaran dolar dalam perdagangan dua arah. Kedua negara bahkan mengancam aksi yang lebih keras.
 
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde menyebut ketegangan perang dagang merupakan angin sakal besar yang dihadapi ekonomi global. Dalam sebuah wawancara dengan harian Nikkei Jepang, dia mengatakan konflik dagang menjadi risiko signifikan di cakrawala.
 
Lagarde sebelumnya menggambarkan perang dagang sebagai luka yang diakibatkan diri sendiri. Dia pun memperingatkan pengenaan tarif AS-Tiongkok sejauh ini, berpotensi memangkas 0,5 persen pertumbuhan ekonomi global tahun depan. Jumlahnya berkisar USD455 miliar, atau lebih besar dari seluruh ekonomi Afrika Selatan.
 
Di lain sisi, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire menegaskan terdapat risiko nyata dari pelambatan ekonomi global. Ketegangan perang dagang bisa menyebabkan krisis ekonomi global. "Memburuknya iklim global dan dampak perang dagang yang semakin nyata, akan mengarah pada pelambatan pertumbuhan global. Sektor ketenagakerjaan, perusahaan dan manufaktur, bisa terdampak langsung," tutur Le Maire di sela-sela pertemuan.
 
Seorang pejabat pemerintahan Jepang memberi tahu wartawan, bahwa banyak negara yang menyuarakan kekhawatiran atas gesekan perdagangan. Risiko penurunan yang sangat signifikan terhadap ekonomi global. "Faktanya memang demikian," cetusnya yang enggan disebutkan namanya.
 
Komunike akhir diyakini menyatakan konflik dagang dan ketegangan lainnya semakin memburuk. Pembuat kebijakan global harus segera mengambil tindakan balasan jika diperlukan. Akan tetapi, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, mengecilkan risiko kebakaran ekonomi global.
 
"Sudah jelas ada pelambatan ekonomi di Eropa, Tiongkok dan negara-negara regional lainnya. Saya tidak percaya hal itu disebabkan ketegangan perang dagang. Pelambatan ekonomi sudah berlangsung dalam setahun terakhir," ucap Mnuchin kepada wartawan.
 
Dia mengakui pembuat kebijakan dari negara-negara lain telah menyuarakan kekhawatiran atas dampak perang dagang yang berkepanjangan. Namun, dia menyoroti keuntungan potensial bagi negara lain. "Ketika banyak perusahaan pindah dari Tiongkok untuk menghindari tarif AS, maka akan ada peluang ekonomi besar di banyak negara. Jadi, akan ada pemenang dan pecundang," tegasnya.
 
Walaupun demikian, Mnuchin juga menyoroti dorongan positif terhadap ekonomi global, yang bersumber dari terobosan negosiasi perdagangan. Hal itu kemungkinan akan menjadi fokus utama pertemuan antara para pemimpin AS dan Tiongkok, dalam pertemuan puncak G20 akhir bulan ini.
 
"Saya pikir jika kita mendapatkan kesepakatan, itu menjadi hal yang sangat positif bagi pertumbuhan ekonomi AS, Tiongkok dan seluruh dunia. Kesempatan ekonomi ini cenderung mengarah ke lebih banyak pertumbuhan," tandas Mnuchin. (AFP/Media Indonesia)
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif