Tiongkok Desak Komunitas Internasional Menentang Proteksionisme
Ilustrasi (AFP PHOTO/GREG BAKER)
New York: Perwakilan Tiongkok untuk PBB Ma Zhaoxu mendesak komunitas internasional untuk memberikan dukungan terhadap perdagangan global multilateral dalam rangka mendorong pertumbuhan di negara-negara berkembang. Adapun kebijakan proteksionisme diharapkan bisa ditekan sedemikian rupa demi kepentingan bersama.

"Dalam keadaan saat ini, komunitas internasional perlu lebih dari sebelumnya dalam meningkatkan panji-panji pembangunan yang dengan tegas mendukung multilateralisme, dan mempromosikan perdamaian serta pembangunan global," kata Ma Zhaoxu, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 8 Desember 2018.

Ma berbicara di pertemuan tingkat tinggi PBB tentang tantangan yang dihadapi negara-negara berpenghasilan menengah dalam menerapkan Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan, yang menyerukan penghapusan kemiskinan dan mencapai pembangunan berkelanjutan pada 2030.

Ma mengungkapkan masalah seperti ketidakseimbangan dalam pembangunan, tata kelola yang tertinggal, dan peningkatan ketidaksetaraan tetap akut. Ia menambahkan negara-negara berkembang, termasuk negara-negara berpenghasilan menengah, menghadapi tantangan pembangunan agar jangan sampai diabaikan.

"Negara-negara berpenghasilan menengah juga negara berkembang. Seperti negara berkembang lainnya, mereka menghadapi tantangan dalam pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan, mengatasi tantangan perubahan iklim, infrastruktur, dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi," kata Ma.

Dirinya menegaskan masyarakat internasional harus memberikan dukungan kuat untuk pengembangan negara-negara berpenghasilan menengah. Ma berpendapat Perserikatan Bangsa-Bangsa harus mengambil reformasi sebagai peluang untuk lebih baik dalam memecahkan masalah pembangunan global yang tidak memadai dan tidak seimbang.

"Kita harus membela multilateralisme, menjunjung tinggi prinsip dan tujuan Piagam PBB dan norma-norma dasar hubungan internasional, serta dengan tegas menentang unilateralisme dan proteksionisme," pungkas Ma.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id