Mata Uang Brasil Sentuh Titik Terendah
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Rio De Janeiro: Mata uang real Brasil mencapai titik terendah dalam sejarah perekonomian Negeri Samba itu. Real Brasil terhadap dolar AS melemah ke 4,195.

Melansir Xinhua, Jumat, 14 September 2018, rekor terendah sebelumnya ditetapkan pada 21 Januari 2016 ketika real ditutup pada 4,163 melawan dolar.

Pada penutupan perdagangan Kamis waktu setempat, dolar AS tumbuh 1,1 persen di tengah meningkatnya ketidakpastian atas pemilu mendatang serta volatilitas di pasar mata uang negara berkembang setelah Turki mengumumkan kenaikan suku bunganya.

Analis memperkirakan kegelisahan akan berlanjut sampai ada gambaran yang jelas tentang hasil pemilihan Brasil. Selama sesi perdagangan Kamis, real sempat memukul ke level 4,204 terhadap dolar, hampir mencapai rekor 4,248 pada 24 September 2015.

Real Brasil telah terdepresiasi 26,61 persen. Sejauh ini, real Brasil telah mengalami devaluasi 3,02 persen terhadap dolar. Devaluasi datang terlepas dari penawaran dan penjualan 10.900 pertukaran "swap" oleh Bank Sentral Brasil.

Pada Senin, pasar keuangan memperkirakan bahwa yang sebenarnya akan menutup tahun pada 3,80 terhadap dolar.

Menteri Keuangan Eduardo Guardia mengakui bahwa untuk saat ini, tidak ada ukuran yang bisa diambil pemerintah untuk mengatasi volatilitas pasar sebelum pemilu mendatang.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id