Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Dok;AFP.
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Dok;AFP.

Pertemuan Trump dan Xi Jinping Diprediksi Positif

Ekonomi Perang dagang
Atalya Puspa • 24 Maret 2019 09:29
Jakarta: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping akan menggelar pucak perundingan damai perang dagang pada 27 Maret 2019.
 
Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto memproyeksikan pertemuan tersebut akan memberikan kemajuan positif bagi kedua belah pihak terkait isu perang dagang.
 
"Seperti diketahui, ini pertemuan yang kesekian kalinya antara AS dan Tiongkok. Di belakang itu pasti ada niat baik untuk sama-sama menyelesaikan isu trade war ini," kata Ryan di Hotel JW Mariott, Sleman, Yogyakarta dikutip dari Media indonesia, Minggu, 24 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ryan mengatakan, sejak trade war antara AS dan Tiongkok meledak pertumbuhan ekonomi global semakin tak menentu. Semua pihak khususnya AS dan Tiongkok menginginkam win win solution agar memberikan sentimen positif bagi perekonomian dunia. Dalam pertemuan yang akan dilangsungkan tersebut, dirinya berharap, agar kedua belah pihak segera menandatangani perjanjian untuk menyelesaikan perang dagang.
 
"Kalau tahun lalu pertumbuhan ekonomi (global) di kisaran 3,8 hingga 3,9 persen, pada 2019 mungkin 3,7 persen. Dengan berakhirnya perang dagang, kita harap pada 2020 bisa kembali seperti 2018," tutup Ryan.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif