Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. (FOTO: AFP)
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin. (FOTO: AFP)

Delegasi Dagang AS Akan Kunjungi Beijing 28 Maret

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
22 Maret 2019 15:01
Jakarta: Delegasi perdagangan Amerika Serikat (AS) yang diketuai oleh Perwakilan Dagang Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan berkunjung ke Tiongkok pada 28-29 Maret.
 
Mengutip Antara, Jumat, 22 Maret 2019, keberadaan mereka di Beijing untuk putaran perundingan lanjutan pada Kamis, 28 Maret 2019. Demikian disampaikan Kementerian Perdagangan AS.
 
Sebagai kunjungan balasan, Wakil Perdana Menteri Liu He akan bertolak ke Washington pada awal April untuk menggelar pembicaraan lebih lanjut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara kementerian Gao Feng mengatakan dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut berusaha menuntaskan sengketa dagang yang terjadi selama beberapa bulan.
 
Pembicaraan empat mata tersebut akan menjadi yang pertama sejak Presiden Donald Trump menunda batas waktu 1 Maret untuk menghindari kenaikan tarif impor Tiongkok senilai USD200 miliar dari 10 persen saat ini menjadi 25 persen.
 
Trump sebelumnya juga memperingatkan bahwa AS kemungkinan akan menunda tarif terhadap produk Tiongkok selama periode substansial guna memastikan bahwa Beijing tunduk pada setiap kesepakatan dagang, sehingga menambah ketidakpastian atas pembicaraan tersebut.
 
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping sebelumnya diperkirakan dapat mencapai kesepakatan perdagangan formal pada pertemuan puncak sekitar 27 Maret.
 
Hal ini mengingat adanya kemajuan dalam perundingan kesepakatan dagang antara kedua negara, laporWall Street Journalpada Minggu, 3 Maret 2019. Demikian seperti dikutip dariAntara, Senin, 4 Maret 2019.
 
Kedua negara telah saling memberlakukan tarif untuk barang-barang satu sama lain senilai ratusan miliar dolar AS. Otomatis hal ini mengguncang pasar keuangan, mengganggu rantai pasokan manufaktur, dan menyusutkan ekspor pertanian AS.
 
Tiongkok akan menurunkan tarif pada barang-barang buatan AS termasuk produk pertanian, bahan kimia dan mobil dengan imbalan pengurangan sanksi-sanksi dari Washington, kata Journal, mengutip orang-orang yang menjelaskan masalah tersebut di kedua pihak.
 
Sumber surat kabar itu memperingatkan bahwa rintangan-rintangan tetap ada, dan masing-masing pihak menghadapi kemungkinan perlawanan di dalam negeri bahwa persyaratan-persyaratannya terlalu menguntungkan bagi pihak lain.
 
Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan AS sedang bekerja untuk menuntaskan perjanjian perdagangan terperinci dengan Tiongkok yang akan mencakup komitmen struktural tertentu.

 
Pekan lalu, Trump mengatakan AS bisa menjauh dari kesepakatan perdagangan dengan Tiongkok jika itu tidak cukup baik, bahkan ketika penasihat ekonominya memuji kemajuan "fantastis" menuju kesepakatan untuk mengakhiri perselisihan dengan Beijing.
 
Presiden Donald Trump sebelumnya berencana untuk menunda menu tarif tambahan kepada Tiongkok yang dijadwalkan mulai 1 Maret. Pengumuman yang dilakukan oleh Trump itu lantaran dua negara ekonomi terbesar di dunia itu telah mengakhiri sengketa perdagangan yang tengah terjadi.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif