Fed Berencana Longgarkan Aturan untuk Bank Besar AS
Ketua The Fed Jerome Powell (Alex Wong/AFP)
Washington: Federal Reserve merilis proposal pelonggaran aturan untuk bank-bank besar di Amerika Serikat (AS) yang memiliki aset kurang dari USD700 miliar. Kebijakan tersebut merupakan langkah terbaru untuk memutar kembali beberapa peraturan keuangan ketat yang diberlakukan setelah krisis keuangan 2008.

Proposal yang disetujui oleh 3-1 suara pada pertemuan Dewan the Fed akan membagi bank-bank besar dengan aset lebih dari USD100 miliar menjadi empat kategori berdasarkan ukuran dan faktor risiko lainnya. Bank dalam kategori risiko terendah, sebuah kelompok dengan aset antara USD100 miliar-USD250 miliar, tidak akan lagi tunduk pada persyaratan likuiditas standar.

"Selain itu, perusahaan-perusahaan ini tidak lagi diperlukan untuk melakukan uji stres yang dijalankan perusahaan, dan tes stres pengawas mereka akan dipindahkan ke siklus dua tahun, bukan tahunan," kata the Fed, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 3 November 2018.

Bank-bank dengan aset antara USD250 miliar-USD700 miliar masih akan dikenakan uji stres tahunan the Fed, tetapi hanya perlu menjalankan tes tegangan internal pada siklus dua tahun, daripada setiap tengah tahunan.

Bank dalam kategori risiko tertinggi, termasuk apa yang disebut organisasi perbankan global yang penting secara sistemik, tidak akan melihat perubahan pada modal atau persyaratan likuiditas, menurut bank sentral.

"Proposal akan meresepkan persyaratan yang kurang ketat secara material pada perusahaan dengan risiko lebih kecil, sambil mempertahankan persyaratan paling ketat untuk perusahaan yang menimbulkan risiko terbesar terhadap sistem keuangan dan ekonomi kita," kata Ketua Fed Jerome Powell.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id