Ilustrasi (AFP PHOTO/SCOTT HEPPELL)
Ilustrasi (AFP PHOTO/SCOTT HEPPELL)

Harga Minyak Dunia Jatuh

Ekonomi minyak mentah
22 Desember 2018 09:01
New York: Harga minyak dunia memperpanjang kerugian pada perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), tenggelam lebih jauh ke rekor terendah sejak Januari 2016. Hal itu terjadi lantaran adanya kekhawatiran kelebihan pasokan dan berkurangnya permintaan karena potensi perlambatan pertumbuhan global kian parah.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 22 Desember 2018, minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari turun USD0,29 menjadi di USD45,59 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari turun USD0,53 menjadi ditutup pada USD53,82 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
Sentimen suram di antara para pedagang minyak datang bersamaan dengan aksi jual di pasar saham, karena para investor memegang pandangan bearish pada pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun mendatang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Departemen Perdagangan Amerika Serikat merevisi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) negara Paman Sam ini menjadi 3,4 persen atau diturunkan 0,1 persen dibandingkan dengan proyeksi sebelumnya. Kondisi tersebut menambah risiko penurunan pertumbuhan masa depan negara itu.
 
Pasar minyak global sedang bergulat dengan meningkatnya stok, meskipun ada kesepakatan pengurangan produksi sebanyak 1,2 juta barel setiap hari antara OPEC dan sekutunya, yang mulai berlaku sejak Januari tahun depan.
 
Efek potensial dari pengurangan produksi sebagian diimbangi oleh perkiraan yang mengkhawatirkan bahwa produksi tujuh cekungan serpih utama AS diperkirakan mencapai 8,166 juta barel per hari (bpd) pada Januari 2019, dengan peningkatan terbesar 134 ribu bpd sejak September.
 
Saat ini, Amerika Serikat memompa 11,6 juta barel per hari, melampaui Arab Saudi dan Rusia untuk menjadi produsen minyak terbesar di dunia. Dengan semakin dekatnya liburan Natal dan Tahun Baru, pedagang cenderung mengaktifkan mode risiko untuk menghindari kerugian tambahan.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif