IMF Desak Negara di Dunia Membangun Multilateralisme Baru
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (AFP/Stefan Rousseau)
Washington: Kepala Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mendesak negara-negara di dunia untuk menata kembali kerja sama internasional dan bersama-sama membangun multilateralisme baru. Adapun kerja sama internasional yang baik memberikan efek positif terhadap perekonomian dunia.

"Kerja sama internasional sangat penting, bukan pilihan," kata Lagarde, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 8 Desember 2018.

Mengingat sejarah lembaga Bretton Woods yang dibentuk setelah Perang Dunia II, yang terdiri dari IMF dan Bank Dunia, Lagarde mengatakan sistem kolaboratif adalah revolusioner dan visioner. Tapi hari ini, lanskap telah bergeser didorong oleh geopolitik dan pergeseran kekuatan ekonomi oleh perusahaan multinasional dan inovasi teknologi.

"Transformasi ini dapat membawa peluang besar tetapi juga risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya," ungkap Lagarde.

Adapun sejumlah risiko tersebut, Lagarde mengatakan, seperti senjata pemusnah massal, keamanan siber, sistem keuangan yang saling berhubungan, dan lain semacamnya. Kesemuanya ini memberikan dampak terhadap negara-negara di dunia. Kesemuanya harus mampu dijaga sedemikian rupa agar tidak memicu risiko sistemik.

"Banyak tantangan kita saat ini tidak mengenal batas. Solidaritas adalah kepentingan," tegas Lagarde.

Lebih lanjut, ia mengatakan, supremasi kepentingan nasional dan fokus tunggal pada kebijakan domestik akan menghambat kerja sama internasional, yang dapat mengarah ke arah negatif. Untuk menghindari masa depan yang tidak diinginkan seperti itu, negara-negara harus bersama-sama membangun multilateralisme baru.

"Yang berarti negara-negara bekerja sama untuk meningkatkan taraf hidup di mana pemerintah dan lembaga menjadi lebih transparan, bertanggung jawab, dan inklusif. Artinya ketika manfaat ekonomi globalisasi dibagi oleh banyak, bukan hanya sedikit," pungkas Lagarde.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id