Illustrasi. Foto  : AFP.
Illustrasi. Foto : AFP.

Ekonomi Global Tak Menentu, Investasi Obligasi dan Emas Jadi Favorit

Ekonomi ekonomi global
Nia Deviyana • 11 September 2019 19:12
Jakarta: Kondisi perekonomian global yang tidak menentu, serta perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang terus berlanjut membuat masyarakat berpikir ulang untuk berinvestasi.
 
Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan dalam situasi seperti ini investor cenderung memilih investasi yang aman meskipun imbal hasilnya moderat.
 
"Seperti obligasi (surat utang) pemerintah atau mata uang negara-negara maju yang kuat perekonomiannya," ujarnya saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 11 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senada dengan Eko, Ekonom Universitas Indonesia (UI) Lana Soelistyaningsih mengatakan berinvestasi di obligasi memang cukup aman.
 
"Yang aman memang obligasi pemerintah dengan rating triple A, kalau obligasi korporasi harus di atas itu (triple A)," saran Lana.
 
Bagaimana dengan investasi emas? Investor veteran Mark Mobius memprediksi emas akan bullish atau memiliki kecenderungan untuk menguat karena bank sentral di seluruh dunia memangkas suku bunga.
 
“Emas fisik adalah investasi yang paling baik," kata dia seperti dikutip dari CNBC International, Rabu, 11 September 2019.
 
Dia merekomendasikan agar investor memegang 10 persen portofolio dalam bentuk emas fisik, dan menginvestasikan sisanya dalam ekuitas yang menghasilkan dividen.
 
Data World Gold Council menunjukkan pada semester pertama ini bank sentral membeli 374 metrik ton emas. Itu adalah kenaikan bersih terbesar untuk kategori per semester, sejak 2000.
 
Sementara itu, bank sentral Tiongkok telah menambah cadangan emasnya selama delapan bulan berturut-turut sejak Desember, yang mana mencapai 10 metrik ton logam mulia pada Juli, menurut data People's Bank of China.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif