Ilustrasi bursa saham Asia. FOTO: AFP.
Ilustrasi bursa saham Asia. FOTO: AFP.

Bursa Asia Bervariasi Jelang Fase Pertama Kesepakatan AS-Tiongkok

Ekonomi bursa saham asia as-tiongkok
Nia Deviyana • 13 Januari 2020 12:17
Shanghai: Saham-saham di Asia bervariasi pada 13 Januari 2020 karena investor menunggu penandatanganan kesepakatan perdagangan fase pertama antara AS dan Tiongkok.
 
Melansir CNBC International, Senin, 13 Januari 2020, pasar Tiongkok daratan stagnan di awal perdagangan dengan komposit Shanghai turun 0,25 persen, sedangkan komposit Shenzhen naik 0,11 persen.
 
Sementara indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,28 persen. Saham teknologi mencatatkan kenaikan, dengan Sunny Optical dan Lenovo naik lebih dari dua persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,55 persen, dengan sektor tambang dan minyak mengalami penurunan. Adapun saham-saham minyak seperti Origin Energy turun 1,66 persen, Woodside Petroleum turun 1,37 persen, dan Santos jatuh 1,13 persen.
 
Namun, saham emas di Australia melawan tren keseluruhan yang mengalami bullish sehingga mampu menutup kerugian pekan lalu setelah harganya sempat turun. Saham Evolution Mining naik 1,12 persen dan Kingsgate Consolidated naik 2,27 persen.
 
Sedangkan di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,56 persen, dengan saham kosmetik mencatat kenaikan signifikan. Pasar Jepang tutup untuk liburan pada Senin ini.
 
Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,18 persen. Indeks acuan Taiex Taiwan naik 0,37 persen pada awal perdagangan pekan ini.
 
Sementara itu, Bursa Efek Filipina menghentikan perdagangan pada Senin menyusul erupsi gunung berapi di Manila yang membuat beberapa maskapai membatalkan penerbangan dan ditutupnya sekolah dan kantor-kantor pemerintah.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif