Ilustrasi. FOTO: AFP/Yasser al-Zayyat
Ilustrasi. FOTO: AFP/Yasser al-Zayyat

Harga Minyak Dunia Jatuh

Ekonomi minyak mentah
Antara • 24 Januari 2020 08:17
New York: Harga minyak dunia jatuh sekitar dua persen pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat WIB) di tengah kekhawatiran penyebaran virus korona dari Tiongkok dapat menurunkan permintaan bahan bakar dan menghambat pertumbuhan ekonomi, tetapi kerugian dibatasi oleh penarikan persediaan minyak mentah AS.
 
Mengutip Antara, Jumat, 24 Januari 2020, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret turun USD1,17 atau 1,9 persen menjadi USD62,04 per barel, setelah sempat mencapai USD61,25, terendah sejak awal Desember.
 
Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret ditutup USD1,15 lebih rendah menjadi USD55,59 per barel, sempat menyentuh USD54,77, terendah sejak November.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dua kota Tiongkok dikurung (diisolasi) pada Kamis waktu setempat ketika otoritas kesehatan di seluruh dunia berjuang untuk mencegah pandemi global. Wabah virus korona telah membunuh 18 orang dan menginfeksi hampir 630.
 
Potensi pandemi telah membangkitkan ingatan tentang Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) pada 2002-2003, yang juga dimulai di Tiongkok dan menyebabkan penurunan dalam perjalanan.
 
"Pasar terus mundur di bawah kekhawatiran permintaan dan menyingkirkan reli setelah penurunan produksi OPEC," kata Gene McGillian, wakil presiden riset pasar di Tradition Energy di Stamford, Connecticut.
 
Dengan kasus-kasus virus korona yang terdeteksi sejauh di Amerika Serikat, pasar saham global juga merasakan efek dari ketakutan bahwa virus itu dapat menyebar lebih jauh ketika jutaan orang Tiongkok bersiap-siap melakukan perjalanan untuk Tahun Baru Imlek akhir pekan ini.
 
"Kami memperkirakan goncangan harga hingga USD5 per barel jika krisis berkembang menjadi epidemi gaya SARS," kata JPM Commodities Research dalam sebuah catatan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif