Produsen Besi dan Baja Tiongkok Bukukan Keuntungan di 2017

Angga Bratadharma 15 Maret 2018 12:03 WIB
ekonomi chinationgkok
Produsen Besi dan Baja Tiongkok Bukukan Keuntungan di 2017
Ilustrasi (AFP PHOTO/GREG BAKER)
Beijing: Produsen besi dan baja Tiongkok membukukan keuntungan yang kuat di sepanjang 2017. Kondisi itu terjadi karena pengurangan kapasitas produksi di negara tersebut mengurangi pasokan yang sudah ketinggalan zaman dan menyebabkan kenaikan harga baja.

Dalam sebuah laporan tahunan yang diajukan ke Shanghai Stock Exchange, Xinjiang Bayi Iron and Steel Co. mengatakan laba bersihnya melonjak lebih dari 30 kali pada tahun lalu menjadi 1,17 miliar yuan (sekitar USD185 juta). Pendapatan operasionalnya naik 69,44 persen menjadi 16,76 miliar yuan.

Mengutip Xinhua, Kamis, 15 Maret 2018, perusahaan juga berencana menggandakan jumlah saham yang dimiliki oleh seluruh pemegang saham dengan menggunakan cadangan modalnya, yang tidak akan melibatkan perubahan nilai pasar saham karena harga sahamnya akan berkurang separuh.

Bursa Efek Shanghai segera mengirimkan surat lamaran guna mengajukan pertanyaan tentang alasan dan keberlanjutan pertumbuhan laba yang cepat, kelayakan rencana penggandaan saham, dan risiko yang terkait dengan rasio harga saham dan harga saat ini.

Perusahaan tersebut melaporkan kerugian lebih dari dua miliar yuan pada 2014 dan 2015, dan mengurangi kerugian pada 2016 dengan keuntungan bersih sebesar 37 juta yuan. Seiring profitabilitas membaik, harga saham perusahaan melonjak lebih dari 105 persen pada 2017 dan lebih dari 10 persen sepanjang tahun ini.

Perusahaan mengumumkan bahwa perdagangan sahamnya akan dihentikan karena bersiap untuk menanggapi penyelidikan tersebut. Perdagangan akan dilanjutkan setelah memberi jawabannya dengan bursa Shanghai. Penyelidikan serupa dilakukan pada Hunan Valin Steel, yang berada di bawah perlakuan khusus (ST) sejak Mei 2017 karena kerugian.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id