Ilustrasi. FOTO: AFP.
Ilustrasi. FOTO: AFP.

2020, Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Diprediksi Membaik

Ekonomi ekonomi china
Ade Hapsari Lestarini • 12 Oktober 2019 16:03
New York: Tiongkok akan melihat pertumbuhan ekonominya membaik di tahun depan karena adanya restrukturisasi industri.
 
Sebuah kelompok riset bisnis yang berbasis di New York melaporkan kampanye Tiongkok untuk mulai membayar dividen akan banyak berkontribusi pada peningkatan ekonomi negara itu.
 
Demikian disampaikan seorang ekonom senior Erik Lundh, di The Conference Board, seperti dilansir dari Xinhua, Sabtu, 12 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan bahwa pertumbuhan produktivitas di negara itu akan terlihat lebih banyak selama dekade berikutnya, sehingga mengurangi dampak perlambatan PDB yang berkelanjutan.
 
Dunia kemungkinan akan melihat pertumbuhan ekonomi 2,5 persen pada 2020, dan rata-rata 2,7 persen untuk dekade berikutnya. Angka itu turun dari 3,3 persen sejak 2010 ke 2019, menurut laporannya.
 
"Meskipun kekhawatiran resesi meluas, kami berharap beberapa pemulihan pada 2020 karena masalah kelebihan kapasitas Tiongkok sedang ditangani, rantai pasokan semakin direstrukturisasi, risiko eskalasi sengketa perdagangan surut, dan pertumbuhan produktivitas terus pulih," kata kepala ekonom kelompok riset itu, Bart van Ark.
 
Rata-rata di 2020-2029 untuk pertumbuhan ekonomi maju diperkirakan 1,9 persen. Sementara proyeksi tren untuk pasar negara berkembang dan gabungan ekonomi berkembang adalah 3,5 persen, kata laporan itu.
 
Faktor-faktor kunci yang menentukan potensi pertumbuhan jangka panjang dari ekonomi global termasuk tren dalam penawaran dan migrasi tenaga kerja, adopsi teknologi digital, distribusi pendapatan, dan berbagai tekanan pada lingkungan dan pertumbuhan produktivitas, kata kelompok riset ini.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif