Ilustrasi The Fed. FOTO: AFP.
Ilustrasi The Fed. FOTO: AFP.

The Fed Diperkirakan Pangkas Suku Bunga Tiga Kali

Ekonomi suku bunga the fed
Nia Deviyana • 14 Januari 2020 15:50
Washington: Perusahaan jasa keuangan asal Swiss, UBS, memperkirakan bank sentral AS Federal Reserve atau The Fed dapat menurunkan suku bunga tiga kali pada 2020. Pendapat ini bersebrangan dengan kebanyakan pendapat yang menyerukan The Fed untuk tidak melakukan banyak perubahan atau hanya satu kali pemotongan suku bunga.
 
Kepala peneliti ekonomi global UBS, Arend Kapteyn mengatakan, tarif yang diterapkan pada perang dagang AS dan Tiongkok akan menurunkan pertumbuhan ekonomi AS menjadi hanya 0,5 persen pada paruh pertama 2020.
 
Melansir CNBC International, AS terakhir kali menaikkan tarif barang-barang Tiongkok pada September 2019, yang dibalas Beijing dengan menaikkan bea masuk terhadap barang AS. Kenaikan tarif lebih lanjut yan semula dijadwalkan dibahas pada Desember 2019 ditunda karena kedua belah pihak sepakat menuntaskan kesepakatan perdagangan fase satu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami pikir kenaikan tarif ini akan mendorong pertumbuhan AS turun, itu sebenarnya akan memicu tiga kali pemotongan suku bunga The Fed," ujarnya.
 
Kapteyn mencatat bahwa para pejabat Fed akan mengambil langkah apapun untuk menjaga stabilitas keuangan.
 
"Kami pikir mereka akan melakukan pemangkasan itu. Mungkin pada Maret tetapi kami perlu memastikan AS kehilangan momentum pertumbuhan," katanya.
 
Meski begitu, Kapteyn menekankan bahwa dampak dari tarif bisa saja bersifat sementara dan AS tidak jatuh dalam jurang resesi.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif