Bank Sentral Tiongkok Kembali Suntik Likuiditas
Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok (FOTO: AFP)
Beijing: Bank sentral Tiongkok menyuntikkan dana segar sebesar 120 miliar yuan (sekitar USD17,3 miliar) ke pasar pada Senin waktu setempat melalui reverse repo untuk mempertahankan likuiditas. Langkah itu diharapkan bisa menjaga stabilitas dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi.

Mengutip Xinhua, Senin, 23 Oktober 2018, The People's Bank of China (PBOC) melakukan reposisi tujuh hari terbalik dengan tingkat bunga 2,55 persen, yang tidak berubah dari tingkat untuk operasi 30 miliar yuan sebelumnya pada Jumat, ungkap PBOC dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini bertujuan untuk mengimbangi dampak dari faktor-faktor seperti pembayaran pajak dan penerbitan obligasi pemerintah dan menjaga likuiditas dalam sistem perbankan pada tingkat yang wajar dan cukup, menurut pernyataan itu.

Repo reverse adalah proses di mana bank sentral melakukan tawar menawar dan membeli sekuritas dari bank komersial dengan perjanjian untuk menjualnya kembali di masa depan.

Tiongkok akan terus menerapkan kebijakan moneter yang prudent dan netral serta menangani dengan tepat hubungan antara menstabilkan pertumbuhan, deleveraging dan memperkuat kontrol regulasi, menurut pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan dari stabilitas keuangan dan komite pembangunan di bawah Dewan Negara.

Sebelumnya, Gubernur Bank Rakyat Tiongkok Yi Gang mengatakan bahwa valuasi pasar saham Tiongkok saat ini berada pada tingkat yang relatif rendah dalam sejarah. Kondisi ini sangat berbeda dengan ekonomi Tiongkok yang stabil serta fundamental ekonomi positif. Yi membuat pernyataan ketika diwawancarai oleh wartawan tentang volatilitas pasar saham Tiongkok.

Menurut dia bank sentral akan mempertahankan likuiditas pada tingkat yang wajar dan stabil untuk mempromosikan perkembangan pasar yang sehat dan stabil dan menumbuhkan lingkungan ekonomi dan keuangan yang sehat.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id